Drama Elkan Baggott, PSSI: Kalau Tidak Mau Main Kita Cari Pemain Lain

Drama Elkan Baggott, PSSI: Kalau Tidak Mau Main Kita Cari Pemain Lain

Infocakrawala.com – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir , mengakses pernyataan terkait drama permasalahan yang tersebut terjadi antara Elkan Baggott dengan instruktur Timnas Indonesia, Shin Tae-yong . Kata dia, pihaknya tak akan memaksakan pemain yang setengah-setengah ingin membela Tim Merah-Putih juga akan mencari pemain lain yang dimaksud lebih banyak berhasrat untuk tampil demi Timnas Indonesia.

Baggott akhir-akhir ini menjadi komponen perbincangan hangat pecinta sepak bola Tanah Air. Hal itu bermula dari putaran playoff Olimpiade Paris 2024 lalu.

Baggott dikabarkan tak menjawab panggilan Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia U-23 untuk melawan Guinea U-23. Begitu pula dengan klub induknya yakni, Ipswich Town.

Saat itu, bek berusia 21 tahun yang dimaksud baru semata pulang ke Ipswich, yang mana baru memverifikasi diri penawaran ke Kejuaraan Inggris musim depan, setelahnya dipinjamkan ke Bristol Rovers. Setelah itu, terpantau lewat media sosialnya, beliau berlibur ke Maladewa dengan kekasihnya.

Hingga ketika ini, Baggott masih lanjut berlibur ke New York, Amerika Serikat. Alhasil, Shin Tae-yong tak memanggilnya untuk bergabung dengan Timnas Indonesia yang tersebut memainkan laga persahabatan kontra Tanzania pada Mingguan (6/3/2024), juga dua pertandingan terakhir Grup F putaran kedua fase kualifikasi Piala Planet 2026 Zona Asia kontra Irak juga Filipina pada 6 juga 11 Juni mendatang di dalam Jakarta.

Situasi semakin memanas pasca Baggott kedapatan menghapus tag akun @pssi di area bio Instagram pribadinya sejak 30 Mei lalu. Kondisi itu membuatnya terus menjadi perbincangan pecinta sepak bola Tanah Air.

Selepas laga kontra Tanzania, Akhir Pekan (2/6/2024) kemarin, Erick Thohir pun menyingkap pendapat terkait polemik antara Baggott kemudian Shin Tae-yong. Dia menegaskan bahwa pemain yang setengah-setengah membela Timnas Indonesia tak akan dipaksakan untuk bergabung sebab pihaknya lebih besar baik mencari pemain lain yang punya motivasi lebih lanjut kuat untuk berseragam Skuad Garuda.

“Saya harap pemain harus serius, ini buat semua, bukanlah belaka Elkan, pemain yang digunakan setengah-setengah buat timnas kita juga enggak mau paksakan. Tapi Tim Indonesia tanpa siapapun, termasuk 11 ini kalo enggak mau main ya kita cari lagi pemain lain yang mana mau bela pasukan merah-putih,” kata Erick Thohir.

Lebih lanjut, Erick menilai tak adanya Baggott bukanlah lagi menjadi kesulitan bagi Tim Merah-Putih. Sebab, Shin Tae Yong saat ini sudah ada punya sejumlah opsi pemain untuk mengisi pos di tempat lini belakang.

“Saya rasa kan gini, saya selalu bilang kita harus punya 2×11 pemain senior, jadi kita harus sebanding ratanya seperti hari ini, ketika berganti pemain permainan kita tidaklah turun,” jelas Menteri BUMN itu.

“Sekarang ada justin (Hubner), ada Jay (Idzes), ada (Rizky) Ridho, ada (Muhammad) Ferarri, ada Jordi (Amat), bahkan Nathan (Tjoe-A-On) bisa saja main ke bawah, Sandy (Walsh juga bisa jadi main ke bawah, cukup tebal,” pungkasnya.