Bisnis  

Tumbuh di area Atas Rata-rata Global, Putin: Perekonomian Rusia Kini 4 Besar Global

Tumbuh dalam area Atas Rata-rata Global, Putin: Perekonomian Rusia Kini 4 Besar Global

Infocakrawala.com – JAKARTA – Presiden Rusia Vladimir Kepala Negara Rusia dalam Diskusi Perekonomian Internasional St. Petersburg (SPIEF) memamerkan perekonomian Rusia yang mana bertambah pada melawan negara-negara besar dunia lainnya. Rusia saat ini menempati peringkat keempat perekonomian terbesar di tempat dunia.

Putin mencatat bahwa hasil domestik bruto (PDB) Rusia meningkat sebesar 3,6% tahun lalu, bangkit kembali dari penurunan 1,2% dalam sedang sanksi terkait negara Ukraina pada tahun 2022. Tahun ini perkembangan perekonomian Rusia terus berlanjut.Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov sebelumnya memperkirakan pertumbuhan Ekonomi Nasional pada tahun 2024 akan sejenis dengan tahun lalu, sementara Bank Rusia memperkirakan peningkatan Pendapatan Domestik Bruto pada 2,5-3,5%.

“Untuk kuartal I tahun ini pertumbuhannya mencapai 5,4%. Artinya, tingkat peningkatan kita melebihi rata-rata dunia,” kata Presiden Rusia seperti dilansir Russia Today, Hari Sabtu (8/6/2024).

Putin menambahkan, tren perkembangan ini pun sebagian besar disumbangkan oleh lapangan usaha yang tersebut tak berbasis sumber daya. Menurut pemimpin Rusia tersebut, pada tahun 2023 lebih besar dari 40% peningkatan Ekonomi Nasional berasal dari lapangan usaha dasar seperti manufaktur, konstruksi, logistik, komunikasi, kemudian pertanian, sementara sekitar 60% berasal dari sektor pendukung seperti perdagangan, perhotelan, lalu jasa keuangan.

Dengan perkembangan tersebut, Rusia telah lama bergabung dengan empat negara dengan ekonomi terbesar dalam dunia. Menurut perkiraan Bank Bumi yang mana dirilis pekan lalu, Rusia sekarang ini menempati peringkat keempat ekonomi terbesar dalam dunia berdasarkan paritas daya beli, melampaui Negeri Sakura juga Jerman.

Kendati demikian, Pemimpin Rusia menegaskan bahwa negara yang dimaksud tak boleh bermalas-malasan pada upayanya untuk berprogres lebih lanjut jauh. “Saya ingin mencatat bahwa ini bukanlah perihal estimasi Produk Domestik Bruto serta sistem penghitungan. Kita berada di dalam dekat sini: Rusia, Jerman, Negeri Matahari Terbit – perbedaannya kecil. Kita unggul, namun perbedaannya kecil,” kata Putin.

Saat ini menurutnya penting untuk menegaskan tingkat pertumbuhan yang tersebut tinggi secara konsisten dan juga berkualitas pada jangka panjang untuk mempertahankan kedudukan Rusia.

Kesuksesan Rusia yang disebutkan dicapai di tempat sedang tekanan sejumlah sanksi Barat sejak dimulainya operasi militer terhadap tanah Ukraina pada Februari 2022. Sanksi yang dimaksud berkisar dari memasukkan sebagian besar bank Rusia ke pada daftar hitam kemudian memotongnya dari sistem arahan antarbank SWIFT internasional, hingga membekukan sekitar USD300 miliar dana Rusia di tempat luar negeri.

Banyak analis yang mana mengaitkan perkembangan ekonomi Rusia yang tersebut stabil di menghadapi tantangan-tantangan ini berkat fokusnya pada pangsa dalam Afrika, Timur Tengah, kemudian Asia, juga pembaharuan fiskal yang tersebut diadopsi oleh otoritas keuangan negara tersebut.

Dana Moneter Internasional (IMF) pada bulan April mengungkapkan mereka itu memperkirakan perekonomian Rusia akan meningkat lebih banyak cepat dibandingkan semua negara maju pada tahun 2024. Menurut proyeksinya, Ekonomi Nasional negara yang dimaksud diperkirakan akan meningkat sebesar 3,2%, melebihi tingkat perkembangan yang tersebut diharapkan Negeri Paman Sam (2,7%), Inggris (0,5%), Jerman (0,2%) lalu Perancis (0,7%).