Bisnis  

PGE Beberkan Strategi Capai Kapasitas 1 GW di 2 Tahun

PGE Beberkan Strategi Capai Kapasitas 1 GW di dalam 2 Tahun

Infocakrawala.com – JAKARTA – PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) menegaskan komitmen perusahaan untuk mencapai kapasitas 1 gigawatt (GW) di dua tahun ke depan. Untuk merealisasikan hal itu, PGE menyiapkan berbagai inisiatif, baik di eksplorasi maupun pengembangan.

“Dengan kemungkinan geothermal yang melimpah, kita mempunyai kesempatan yang digunakan besar lalu peran yang mana penting di jadwal transisi energi menuju target net zero emission,” kata Direktur Utama PGE Julfi Hadi di keterangan resminya, Hari Jumat (7/6/2024).

Julfi mengungkapkan, salah satu upaya untuk mencapai kapasitas 1 GW adalah dengan pengembangan teknologi co-generation. Teknologi ini diproyeksikan akan menambah kapasitas PGE sebesar 230 megawatt (MW). Inisiatif ini diperkuat dengan penandatanganan Joint Development Agreement (JDA) dengan PT PLN Indonesia Power (PLN IP) beberapa waktu lalu.

Inisiatif lainnya, lanjut dia, adalah pemanfaatan wilayah kerja panas bumi (WKP) Hululais, yang dimaksud miliki peluang kapasitas hingga 110 MW. Selanjutnya, pengerjaan proyek Lumut Balai Unit 2 yang dimaksud berpotensi menambah kapasitas hingga 55 MW, yang dimaksud kemajuannya saat ini telah dilakukan mencapai 71,72%.

“Keseluruhan proyek yang disebutkan ditargetkan untuk berjalan efektif pada tahun ini agar pencapaian target 1 GW semakin dekat,” tuturnya.

Selain itu, lanjut dia, perseroan juga terlibat membuka potensi ekspansi secara global melalui inisiatif merger lalu akuisisi. Saat ini, PGE sedang menelaah prospek panas bumi di area beberapa lokasi strategis, seperti Turki lalu Kenya.

PGE juga menyebabkan terobosan untuk mendiversifikasi model industri dan juga menciptakan nilai lebih banyak dari teknologi panas bumi melalui sumber pendapatan baru atau new revenue stream yang digunakan melampaui ketenagalistrikan.

“Dengan berbagai inisiatif pengembangan industri tersebut, dan juga sinergi dengan Pertamina Group dan juga berbagai pemangku kepentingan lainnya, PGE meyakini ekspansi sanggup dijalankan semakin masif,” tandas Julfi.