Pakai Transmisi Otomatis, Prototipe KTM AMT Diperkenalkan

Pakai Transmisi Otomatis, Prototipe KTM AMT Diperkenalkan

Infocakrawala.com – SIDNEY – KTM untuk pertama kalinya memperkenalkan prototipe kendaraan beroda dua motor ‘petualangan’ yang dilengkapi sistem transmisi otomatis.


Seperti dilansir dari Rideapart, KTM menamakan model yang dimaksud Prototipe KTM AMTmengacu pada transmisi otomatis tanpa kopling.

Untuk sementara belum berbagai informasi yang mana dibeberkan pihak perusahaan selama Austria yang dimaksud selain menginformasikan ada tiga varian yang akan datang diperkenalkan nantinya antara lain S, R, serta Rally.

Menurut KTM, AMT adalah singkatan dari Transmisi Manual Otomatis lalu dibangun berdasarkan konsep ‘Ready-to-Race’ yang telah lama dipegang KTM selama bertahun-tahun.

Menariknya, sistem AMT ini berarti prototipe yang disebutkan tak dilengkapi kopling tangan seperti kendaraan beroda dua motor konvensional. Artinya sepeda gowes motor mampu dikendarai di keadaan full otomatis.

Namun apabila mode semi otomatis diaktifkan, perpindahan gigi bisa saja diadakan dengan menekan tombol dalam sebelah ‘stang’ atau dengan menggunakan ‘tuas persneling’ seperti sistem ‘quickshifter’.

Meski sistemnya mirip dengan sistem DCT (dual-clutch transmisi) yang dimaksud pada waktu ini ditawarkan Honda, namun nyatanya keduanya berbeda.

Pasalnya, girboks KTM menggunakan aktuator elektrik (electric actuator) untuk mengubah perbandingan gigi dan juga kopling ‘sentrifugal’ yang mana memungkinkan kendaraan beroda dua motor berhenti tanpa mesin berakhir secara tanpa peringatan juga berpindah dari keadaan diam tanpa perlu masukan dari pengendara. .

Sedangkan pergantian gigi (saat mode manual diaktifkan) pada sistem DCT hanya saja bisa jadi dijalankan dengan menekan tombol khusus di area stang lalu bukan ada ‘tuas persneling’ di area bagian kaki.

Sebagai catatan, KTM menguji Prototipe KTM AMT ini di area Erzberg, Austria dengan mengikuti perlombaan Road Prolog yang mana menciptakan prototipe yang disebutkan menempati kedudukan ketujuh. Mesin yang disebutkan dikendarai oleh pebalap enduro kemudian reli selama Perancis, Johnny Aubert.

KTM akan mengungkap informasi resmi mengenai prototipe KTM AMT pada 24 September 2024.