Tinjau Layanan Laserjet, AHY: Permudah Warga Urus Sertifikat Tanah hingga Pelosok Desa

Tinjau Layanan Laserjet, AHY: Permudah Warga Urus Sertifikat Tanah hingga Pelosok Desa

Infocakrawala.com – JAKARTA – Menteri Agraria dan juga Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meninjau Inisiatif Layanan Sertifikat Jemput dalam Tempat (LaserJet) di tempat Wilayah Badung, Bali. Layanan yang disebutkan untuk memberi kemudahan bagi penduduk mengurus administrasi pertanahan.

Dalam kunjungan kerjanya, AHY menjelaskan, kegiatan ini merupakan pembaharuan dari lembaga yang mana dipimpinnya melalui pemanfaatan teknologi dengan skema jemput bola.

Nantinya petugas di dalam Kantor Pertanahan (Kantah) setempat akan berkeliling menggunakan mobil yang sudah ada berisi alat pelayanan ke lokasi warga yang hendak mengurus administrasi pertanahan, sekaligus mencetak sertifikat tanah kemudian mengintegrasikan secara digital sehingga menjadi sertifikat elektronik.

“Jadi pada waktu sekian jam sesuai dengan antreannya, kalau agak sejumlah mungkin saja tentunya agak lebih lanjut lama sedikit. Tetapi ini terpencil tambahan cepat oleh sebab itu bisa saja secara langsung diurus,” kata dia, Kamis (13/6/2024).

AHY mengungkapkan acara ini tak dipungut biaya tambahan apa pun. Komunitas belaka perlu membayar Rp50.000 yang secara langsung dimasukkan menjadi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Selain memberi kemudahan bagi rakyat untuk mengurus administrasi pertanahan, AHY menilai kegiatan ini turut meminimalisasi adanya calo yang mana memproduksi biaya mengurus sertifikat menjadi tambahan mahal.

“Masyarakat bisa saja dengan segera mengurus administrasi pertanahan ini, tanpa ada perantara atau calo, atau siapa pun. Lebih bagus akibat telah pasti tiada ada biaya tambahan apa pun, itu lantaran dengan segera diurus,” katanya.