Resep Malbi Daging Sapi, Semur Khas Palembang untuk Hidangan Iduladha

Resep Malbi Daging Sapi, Semur Khas Palembang untuk Hidangan Iduladha

Infocakrawala.com – JAKARTA – Perayaan Iduladha identik dengan masakan serbadaging. Beberapa sajian yang mana familiar di dalam momen ini biasanya berbentuk sate, gulai, BBQ, hingga rendang.

Namun, bagi Anda yang digunakan bosan dengan menu-menu itu hanya pada waktu momen Iduladha, sanggup mencoba beberapa sajian antimainstream khas area di dalam Indonesia. Salah satunya malbi daging sapi.

Sesuai namanya, sajian ini menggunakan komponen utama daging sapi. Malbi adalah hidangan semacam semur yang berasal dari Palembang yang digunakan menyerupai semur daging sapi. Makanan ini berwarna gelap seperti rendang juga bercita rasa manis gurih.

Malbi biasanya dihidangkan sama-sama nasi minyak, kerupuk, sambal nanas, lalu acar. Gulai malbi juga dihidangkan bersatu nasi putih atau ketupat sayur.

Malbi dimasak dengan cara perlahan hingga bumbu meresap ke di daging dan juga kuahnya mengental. Malbi dapat dimasak menggunakan santan atau tanpa santan. Ada pula variasi resep malbi yang dimaksud menambahkan kepala sangrai atau kerisik.

Nah, bagi Anda yang dimaksud tertarik menyebabkan malbi daging sapi untuk hidangan Iduladha, berikut resep dari Chef Devina Hermawan yang digunakan sanggup dicoba, menyampaikan dari akun Instagramnya, @devinahermawan.

Bahan untuk 6 Porsi

650 gr daging sapi sengkel, potong
250 gr kelapa parut

Bahan Bumbu Halus

12 siung bawang merah
7 siung bawang putih
3 cm jahe
1 sdt lada putih butir
1/2 sdt lada hitam butir
1 sdm ketumbar
1/2 butir pala
75 ml minyak
50 ml air

Bahan Lain

1 batang serai, geprek
5 butir cengkih
6 cm kayu manis
2 sdm gula batok
4-5 sdm Kecap Sedaap
1 liter air
1 sdt kaldu sapi bubuk
1/2 sdt garam
1/4 sdt penyedap

Pelengkap

Nasi putih
Sambal nanas

Cara Membuat

1. Masukkan bawang putih, bawang merah, jahe, lada hitam, lada putih, pala, ketumbar, minyak, juga air ke pada blender, haluskan.

2. Tumis bumbu halus hingga wangi serta mengeluarkan minyak lalu masukkan serai, kayu manis serta cengkih, tumis kembali hingga wangi.

3. Masukkan air, daging, garam, kaldu sapi bubuk dan juga penyedap, masak hingga hampir empuk.

4. Sangrai kelapa hingga kecokelatan kemudian blender hingga halus.

5. Masukkan gula merah, kecap manis, kemudian kelapa gongseng ke di wajan, masak hingga meresap.

6. Daging malbi siap disajikan.