8 Inisiatif Yoga untuk Memperlancar Menstruasi, Cukup Lakukan 10 Menit

8 Inisiatif Yoga untuk Memperlancar Menstruasi, Cukup Lakukan 10 Menit

Infocakrawala.com – JAKARTA – Ada delapan aksi yoga untuk memperlancar menstruasi yang tersebut tidaklah nyaman. Menstruasi kerap kali disertai dengan berbagai gejala yang tersebut tak nyaman, seperti kram, nyeri punggung, kemudian mood swing.

Salah satu cara alami serta efektif untuk mengatasi ketidaknyamanan ini adalah melalui praktik yoga. Yoga membantu merilekskan tubuh, menghurangi stres, serta meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat memperlancar menstruasi .

Meskipun lamanya siklus menstruasi bervariasi dari satu wanita ke wanita lainnya, rata-rata siklusnya adalah setiap 28 hari. Namun, siklus menstruasi teratur yang biasanya terjadi setiap 21 hingga 35 hari lalu berlangsung sekitar 2 hingga 7 hari juga dianggap normal.

Sedangkan, siklus menstruasi tidaklah teratur ketika panjang siklus rutin bervariasi, menstruasi terlewat, atau alirannya sangat deras atau ringan. Berikut pergerakan yoga untuk memperlancar menstruasi Berikut pergerakan yoga untuk memperlancar menstruasi dilansir dari Health Shots, Hari Jumat (21/6/2024).

Gerakan Yoga untuk Memperlancar Menstruasi

1. Titliasana

Gerakan ini adalah peregangan perlahan pada paha bagian dalam, pinggul, juga selangkangan. Hal ini membantu meningkatkan sirkulasi darah juga merangsang organ reproduksi.

Duduklah di tempat lantai dengan punggung lurus. Tekuk lutut Anda juga satukan kedua telapak kaki Anda, dekat dengan panggul Anda. Pegang kaki dengan tangan Anda. Tarik napas dalam-dalam lalu ketika Anda mengeluarkan napas, tekan lutut Anda ke bawah menuju lantai, gerakkan ke berhadapan dengan juga ke bawah seperti kupu-kupu. Lanjutkan pergerakan ini selama 1-2 menit.

2. Goumukh Asana

Goumukh asana meregangkan pinggul, paha, juga dada, membantu membuka area panggul lalu meningkatkan sirkulasi. Caranya, duduklah dengan kaki terentang di area depan Anda. Tekuk lutut kiri lalu bawa kaki kiri ke bagian luar pinggul kanan.

Tekuk lutut kanan Anda kemudian tumpuk di dalam menghadapi lutut kiri Anda, letakkan kaki kanan Anda dalam luar pinggul kiri Anda. Raih lengan kiri pada belakang punggung serta lengan kanan dalam menghadapi bahu, rapatkan kedua tangan. Tahan pose ini selama 30 detik hingga 1 menit, lalu ganti sisi.

3. Setubandhasana

Gerakan yang mana dikenal sebagai pose jembatan ini meningkatkan kekuatan otot punggung, meningkatkan sirkulasi darah, juga menstimulasi organ perut, membantu keseimbangan hormon.

Berbaring telentang dengan lutut ditekuk juga kaki rata pada lantai, dibuka selebar pinggul. Letakkan lengan Anda pada samping tubuh Anda, telapak tangan menghadap ke bawah. Tarik napas serta angkat pinggul ke arah langit-langit, tekan kaki juga lengan ke lantai. Tahan pose yang dimaksud selama 30 detik hingga 1 menit, lalu buang napas dan juga perlahan turunkan pinggul kembali ke lantai.