4 Jenderal Bintang 3 yang tersebut Bertugas di area Mabes TNI, Semuanya Berasal dari Kopassus

4 Jenderal Bintang 3 yang yang disebutkan Bertugas dalam area Mabes TNI, Semuanya Berasal dari Kopassus

Infocakrawala.com – JAKARTA – Sejumlah perwira tinggi (pati) yang dimaksud menyandang jenderal bintang 3 ketika ini bertugas pada Markas Besar TNI . Mereka menempati jabatan strategis pada organisasi militer Indonesia.

Saat ini tercatat empat jenderal bintang 3 yang tersebut bertugas dalam Mabes TNI. Paling senior merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1998 sedangkan paling muda abituren Akpol 1992.

Menariknya, semua jenderal bintang 3 yang tersebut ketika ini bertugas dalam Mabes Polri berasal dari kecabangan Infanteri (Kopassus). Siapa sekadar mereka?

Jenderal Bintang 3 yang tersebut bertugas di dalam Markas Besar TNI

1. Letnan Jenderal TNI Bambang Ismawan, SE, MM

4 Jenderal Bintang 3 yang tersebut Bertugas pada Mabes TNI, Semuanya Berasal dari Kopassus

FOTO/DOK.KODIKLAT TNI AD

Letjen TNI Bambang Ismawan telah terjadi menjabat sebagai Kepala Staf Umum (Kasum) TNI sejak Januari 2023. Jabatan itu diberikan berdasarkan tindakan Panglima TNI Nomor Kep/48/I/2023.

Bambang Ismawan lahir di area Klaten, Jawa Tengah, pada 1 Agustus 1966. Sebelum mencapai sikap Kasum, ia telah dilakukan melalui perjalanan panjang di dalam dunia militer. Jenderal berbintang tiga ini adalah lulusan Akmil 1988 kemudian melanjutkan sekolah militer lainnya seperti Sesarcabif, Komando, Dik PARA, Dik PARA Utama, Diklapa I, Diklapa II, Seskoad, Sesko TNI, hingga Lemhannas.

Setelah menjalani sekolah yang panjang, Bambang ditempatkan di dalam sikap strategis di tubuh TNI. Karier militernya yang digunakan tinggi dimulai dengan jabatan sebagai Komandan Korem 012/Teuku Umar berpangkat Kolonel pada tahun 2016-2017. Ketika pangkatnya naik menjadi Brigadir Jenderal, ia mulai menduduki sikap penting seperti Kepala Staf Kodam Brawijaya (2018-2020).

Tidak lama kemudian, pada tahun 2020, kariernya semakin gemilang. Ia naik pangkat menjadi Mayor Jenderal juga menjabat sikap penting seperti Wakil Komandan Pusterad (2020-2021), Asisten Intelijen Kasad (2021), juga Panglima Kodam XVI/Pattimura (2021).

Setelah menjadi Letnan Jenderal, Bambang mendapatkan amanah baru sebagai Komandan Kodiklat TNI (2021-2023) kemudian terakhir menjabat sebagai Kepala Staf Umum TNI pada tahun 2023. Diketahui, Jenderal berbintang tiga Bambang Ismawan sekarang ini sudah pernah memiliki tiga anak: Jezia Armynta, Aqila Victorinet Viyata Albertina, dan juga Dista Alam Ramadhani Nastiti, dari istrinya Shintawati.

2. Letnan Jenderal TNI Richard Taruli Horja Tampubolon, SH, MM

4 Jenderal Bintang 3 yang dimaksud Bertugas dalam Mabes TNI, Semuanya Berasal dari Kopassus

FOTO/DOK.PPID TNI AD

Richard Taruli Horja Tampubolon menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Perlindungan (Pangkogabwilhan) III sejak Juli 2023. Pengangkatan Richard berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/779/VII/2023 tanggal 17 Juli 2023 tentang pemberhentian dari kemudian pengangkatan di jabatan dalam lingkungan TNI.

Tentara kelahiran Jakarta, 24 Mei 1969 itu merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1992 dari kecabangan Infanteri (Kopassus). Sepanjang kariernya di tempat militer, Richard sudah pernah mencatatkan data banyak prestasi, dari menempati kedudukan strategis hingga memperoleh berbagai brevet bergengsi.