Tampung Masukan Semua Pihak pada Penanganan Kasus Vina, Kapolri: Akan Diteliti

Tampung Masukan Semua Pihak pada Penanganan Kasus Vina, Kapolri: Akan Diteliti

Infocakrawala.com – JAKARTA – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menampung semua kritik serta saran dari berbagai lembaga seperti Kompolnas hingga Komnas HAM, terkait tindakan hukum pembunuhan Vina juga Eki di tempat Cirebon 2016 silam.

Sigit menjelaskan, kepolisian bukan pernah melarang pihak mana pun untuk memberikan masukan sebagai bentuk keterbukaan.

“Teman-teman dari Komnas (HAM), Kompolnas, atau pun seluruh pihak yang mana memang sebenarnya peduli terhadap persoalan hukum ini, tentunya sanggup memberi masukan dari sisi keahlian masing-masing. Dan ini semuanya tentu akan dihimpun, dirangkum,menjadi satu kebijakan atau kesimpulan,” kata Sigit pada Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta, Hari Sabtu (22/6/2024).

Namun Sigit menegaskan, kritik lalu saran yang digunakan masuk ke institusi Polri tiada dan juga merta diterima. Pihaknya juga harus meneliti sesuai dengan fakta di tempat lapangan. “Namun tentunya yang paling kita utamakan, apabila memang benar betul ada fakta, tentu tugas polisi untuk membuktikan,” katanya.

“Pembuktiannya tentu harus profesional, sesuai dengan aturan yang digunakan ada kemudian diatur pada KUHAP sehingga ini bisa jadi dipertanggung jawabkan. Sebaliknya tentu apabila memang sebenarnya ditemukan adanya kekurangan, tentunya saya minta juga agar kita transparan,” sambungnya.