Unik juga Memukau, Menparekraf Inginkan Penguraian terhadap Pengrajin Kain Karawo agar Makin Mendunia

Unik juga Memukau, Menparekraf Inginkan Penguraian terhadap Pengrajin Kain Karawo agar Makin Mendunia

Infocakrawala.com – GORONTALO – Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi Gorontalo Karnaval Karawo pada Hari Sabtu (23/6/2024). Hal ini merupakan sebuah pertunjukan hasil kreativitas sulaman kain khas Gorontalo yang unik lalu memukau.

Acara yang dimaksud menampilkan beberapa jumlah kain Karawo khas Gorontalo yang digunakan disulam dengan berbagai motif serta kreasi. Menjadikannya miliki keunikan lalu ciri khas area Gorontalo.

Karawo sebagai kain tradisional, berasal dari bahasa Gorontalo yang dimaksud artinya sulaman dengan tangan. Pengerjaannya membutuhkan keterampilan juga waktu yang digunakan cukup lama, yakni sekitar satu bulan untuk satu kain sulaman.


Kain Karawo dapat dijadikan motif untuk tas, baju, selendang, kemudian berbagai aksesoris lain. Keunikan ini yang menciptakan Karawo semakin diminati, dikenal bukanlah hanya saja di tempat Indonesia namun hingga ke mancanegara.

Namun, seiring dengan tingginya minat, Menparekraf juga menggalakkan pengembangan terhadap pengrajin Karawo melalui pelatihan keterampilan berkarawo.

Adapun Gorontalo Karnaval Karawo diselenggarakan setiap tahun untuk mengapresiasi para pengrajin kain Karawo.