PDN Diserang, Komisi I DPR Minta Menkominfo serta BSSN Bentuk Krisis Center Terpadu

PDN Diserang, Komisi I DPR Minta Menkominfo juga BSSN Bentuk Krisis Center Terpadu

Infocakrawala.com – JAKARTA Komisi I DPR merekomendasikan untuk Menteri Komunikasi juga Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi lalu Kepala Badan Siber kemudian Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian segera membentuk Satuan Tugas (Satgas) Nasional lalu Krisis Center Terpadu di menyikapi gangguan server Pusat Fakta Nasional (PDN). Sudah sepekan lebih tinggi server PDN diserang Ransomware kemudian hingga pada waktu ini sepenuhnya dapat ditangani.

Desakan yang dimaksud merupakan kesimpulan di Rapat Kerja (Raker) antara Komisi I DPR bersatu Menkominfo juga Kepala BSSN yang tersebut selesai pada Kamis (27/6/2024) malam. Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid membacakan poin kesimpulan di rapat tersebut. Satu, Komisi I DPR menyatakan keprihatinan mendalam berhadapan dengan insiden yang digunakan telah dilakukan menganggu penyelenggaraan pelayanan umum hingga pada waktu ini belum sepenuhnya pulih.

“Dua, Komisi I DPR RI berpendapat bahwa keamanan siber tidak sekedar kesulitan teknis melainkan isu strategis yang digunakan berdampak luas terhadap keamanan nasional kemudian kedaulatan negara,” kata Meutya.

Karena itu, kata dia, untuk menghindari serangan siber di area masa depan terhadap PDNS, Komisi I DPR mendesak kominfo lalu BSSN untuk mengambil langkah-langkah berikut:

a. Membentuk satuan tugas nasional yang digunakan bertanggung jawab berhadapan dengan proteksi siber PDNS. Satgas melakukan perbaruan sistem perangkat lunak secara berkala, mengadopsi teknologi keamanan siber terkini, menerapkan pendekatan proaktif serta berlapis di meningkatkan keamanan siber, dan juga melakukan evaluasi berkelanjutan terhadap protokol keamanan yang tersebut ada.

b. Membentuk krisis center terpadu yang digunakan berfungsi sebagai pusat bantuan atau helpdesk juga memberikan informasi berkala mengenai perkembangan penanganan kemudian pemulihan sistem pelayanan rakyat yang mana terdampak serangan ransomware.

c. Komisi I DPR RI akan mengagendakan rapat kerja lanjutan dengan Menkominfo juga kepala BSSN untuk mendapatkan laporan terkini mengenai penanganan insiden PDNS atau diserangnya PDNS.