Bisnis  

Konstruksi Proyek IKN Bakal Dihentikan Sementara, Hal ini Alasannya

Konstruksi Proyek IKN Bakal Dihentikan Sementara, Hal ini Alasannya

Infocakrawala.com – JAKARTA – Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR, Danis Hidayat Sumadilaga mengungkapkan kegiatan proses pembuatan proyek pada Ibu Daerah Perkotaan Nusantara (IKN) akan segera dihentikan sementara mendekati penyelenggaraan upacara kemerdekaan. Hal itu diadakan agar pacara kemerdekaan tiada terganggu dengan aktivitas kegiatan konstruksi.

“Ada rencana sebagian dihentikan, sekarang masih dibahas,” ujar Danis ketika dihubungi, Hari Jumat (28/6/2024).

Danis mengungkapkan kemungkinan kegiatan proyek konstruksi akan dihentikan beberapa hari sebelum 17 Agustus 2024. Hal itu untuk menggalang persiapan yang dimaksud akan diadakan di tempat lapangan tempat upacara di dalam IKN. “Tapi kira-kira beberapa hari sebelum 17 Agustus pekerjaan proyek konstruksi sebagian mulai dihentikan,” jelasnya.

Pada kesempatan yang tersebut berbeda, Plt. Kepala OIKN Basuki Hadimuljono mengungkapkan pada waktu ini progres pengerjaan Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) sudah ada 78,9%. Nantinya kantor Kemenko pada IKN akan segera menjadi tempat singgah para petugas upacara.

Kantor Kemenko 1 yang tersebut akan digunakan sebagai akomodasi petugas upacara adalah Tower 1 lantai 1-3 yang tersebut ditargetkan rampung pada 7 Juli 2024. Kantor Kemenko 1 terdiri dari 4 tower di dalam mana setiap tower terdiri dari 6 lantai kemudian 1 lantai semi basement yang digunakan dilengkapi dengan lift panoramic. Saat ini, progres pembangunan secara keseluruhan mencapai 78,9%. Kantor Kemenko 1 dapat menampung total 1.345 ASN yang mana terdiri dari menteri, jajaran eselon 1 lalu 2, ASN kemudian staf.

“Kami akan siapkan 10 kamar mandi portable di area setiap lantai. Walaupun belaka menginap pada di tempat ini satu dua hari tapi kan orang butuh mandi. Kamar mandi portable yang penting bersih, air sudah ada masuk tak perlu pakai tangki lagi,” ujarnya.