Timnas Indonesia U-16 Menunjukkan Mengesankan, Bagaimana Respons Shin Tae-yong juga Indra Sjafri?

Timnas Indonesia U-16 Menunjukkan Mengesankan, Bagaimana Respons Shin Tae-yong juga Indra Sjafri?

Infocakrawala.com – SOLO – Timnas Indonesia U-16 tampil mengesankan sejauh ini dalam Piala AFF, di area mana Nova sukses mengakibatkan Skuad Garuda Muda melaju ke fase semifinal Piala AFF U-16 2024 dengan status juara Grup A dengan mengemas sembilan poin.

Lalu, bagaimana reaksi Shin Tae-yong kemudian Indra Sjafri? Pelatih Tim Nasional ( Timnas ) Indonesia U-16 Nova Arianto mengungkapkan belum berdiskusi dengan Shin Tae-yong kemudian Indra Sjafri tentang anak asuhnya yang dimaksud berpotensi pemasaran ke skuad U-19 maupun senior.

Yang menjadi fokus Nova ketika ini adalah menempa anak asuhnya agar kelak nanti siap apabila mendapat panggilan untuk naik level.

Bisa dibilang, Skuad Garuda Muda polesan Nova bermain cukup apik. Hal itu tak luput akibat adanya penggawa muda berbakat. Ambil contoh seperti Mierza Firjatullah yang digunakan cukup tajam dalam lini serang, sampai Fabio Azka yang digunakan memiliki senjata lemparan jarak berjauhan seperti Pratama Arhan.

Pemain-pemain muda potensial ini nantinya tak menghentikan kemungkinan akan iklan ke Timnas Indonesia U-19 atau bahkan senior. Karena seperti kita tahu, Shin Tae-yong kerap mengambil atlet muda untuk masuk di skuad senior seperti halnya Marselino Ferdinan.

Namun, Nova menyampaikan bahwa dirinya belum ada diskusi dengan Shin Tae-yong ataupun Indra Sjafri lantaran fokus pada Piala AFFU-16. Eks pemain Persib Bandung ini sejatinya tak ingin terburu-buru perihal iklan pemain lantaran perjalanan Skuad Garuda Muda juga masih panjang.

“Mengenai komunikasi dengan Coach Shin maupun Coach Indra, kita belum melakukannya sebab ketika ini kita masih fokus di area turnamen AFF kali ini,” kata Nova di konferensi pers usai pertandingan kontra Laos yang dimaksud diambil pada Hari Jumat 28 Juni 2024.

“Coach Shin yang tersebut ketika ini kan kondisinya lagi belum sehat betul ya. Termasuk dengan Coach Indra sebab saya bilang jalan dia sebenarnya masih panjang kemudian kita tiada mau merekan terburu-buru untuk tampil dalam U-19 atau U-23 ataupun senior,” ujar dia.

Karena itu, Nova ingin anak asuhnya fokus penuh dalam kompetisi Piala AFF U-16 ketika ini sampai Kualifikasi Piala Asia U-17. Asisten Shin Tae-yong ini ingin terus mematangkan Mierza Firjatullah cs agar nantinya siap secara fisik maupun mental jikalau mendapat kesempatan naik level.

“Tapi harapannya merekan bisa saja setiap saat ambil pengalaman selama tampil di tempat AFF ini, termasuk dalam kualifikasi AFC agar kedepannya mereka itu lebih banyak matang lalu nanti di tempat pada waktu mereka naik level di tempat U-19, U-20, kemudian U-23, merekan sudah ada siap secara fisik secara mental maupun secara teknik,” terang Nova.

Terlepas dari hal itu, Timnas Indonesia U-16 masih harus menanti hasil pertandingan grup lain untuk mengetahui lawan yang digunakan dihadapi di tempat sesi semifinal Piala AFF U-16 2024. Skuad Garuda Muda mampu berhadapan dengan juara Grup C ataupun runner-up terbaik dari Grup B.