Timnas Indonesia U-16 Kecolongan Gol Kilat Laos, Nova Arianto Bersyukur Mental Pemain Hebat

Timnas Indonesia U-16 Kecolongan Gol Kilat Laos, Nova Arianto Bersyukur Mental Pemain Istimewa

Infocakrawala.com – SOLO – Pelatih Tim Nasional ( Timnas ) Indonesia U-16 Nova Arianto ngaku kaget dengan gol cepat Laos U-16 di dalam matchday terakhir Grup A Piala AFF U-16 2024. Namun, Nova bersyukur oleh sebab itu anak asuhnya berhasil bangkit dengan mengunci kemenangan telak.

Untuk diketahui, Timnas Indonesia U-16 menang telak 6-1 berhadapan dengan Laos di dalam Stadion Manahan, Kamis (27/6/2024) waktu malam WIB. Dalam laga itu, Skuad Garuda Muda harus tertinggal tambahan dulu lewat gol cepat via titik putih yang digunakan dieksekusi Phayak Siphanom (5’).

Namun pada akhirnya, Timnas Indonesia U-16 berhasil bangkit dengan menjaringkan enam gol ke gawang Laos. Gol-gol kemenangan itu dicetak Muhammad Zahaby Gholy (24’P), gol bunuh diri Sayyavath Vansavath (30′), Josh Holong (37′, 61′), I Putu Panji Apriawan (45+3′), lalu Mierza Firjatullah (79′).

Nova pun mengakui gol cepat Laos membuatnya terkejut. Namun, asisten Shin Tae-yong ini mewajari hal itu dikarenakan menilai anak asuhnya terlalu tampil menggebu-gebu dalam awal laga.

“Yang pasti gol pertama itu cukup menyebabkan kita kaget, tapi itu biasa terjadi dikarenakan di area menit-menit awal kita terlalu menggebu-gebu untuk menyerang, tapi kecolongan dengan gol penalti,” kata Nova di konferensi pers usai laga yang disitir pada hari terakhir pekan 28 Juni 2024.

Eks pemain Persib Bandung itu merasa lega akibat Timnas Indonesia U-16 mampu bangkit. Menurutnya, itu semua tak luput dari mentalitas yang dimiliki anak asuhnya. Nova harap, kemenangan telak ini bisa jadi menimbulkan Mierza Firjatullah cs semakin percaya diri.

“Saya bersyukur secara mental pemain cukup kuat serta tetap memperlihatkan tenang untuk mencetak gol kembali, termasuk gol-gol yang tersebut terjadi. Semua memang benar kita telah persiapkan,” tuturnya.

“Semoga enam gol yang mana tercipta ini menghasilkan pemain lebih tinggi percaya diri lalu di dalam semifinal kita sanggup lebih banyak maksimal,” harap Nova.

Ya, kemenangan telak melawan Laos ini menyebabkan Timnas Indonesia U-16 lolos ke semifinal dengan status juara Grup A. Skuad Garuda Muda menyapu bersih tiga pertandingan yang mana ada dengan kemenangan sehingga mengoleksi nilai sembilan.

Sementara, Timnas Indonesia U-16 masih harus mengantisipasi hasil pertandingan grup lain untuk mengetahui lawan yang mana dihadapi di dalam putaran semifinal Piala AFF U-16 2024. Skuad Garuda Muda bisa jadi berhadapan dengan juara Grup C ataupun runner-up terbaik dari Grup B.