5 Penyebab Anak Tidak Tumbuh Tinggi, Tak Melulu Stunting

5 Penyebab Anak Tidak Tumbuh Tinggi, Tak Melulu Stunting

Infocakrawala.com – JAKARTA – Ada sejumlah faktor anak tak bertambah tinggi . Selain stunting atau gizi buruk, perkembangan tinggi badan anak adalah proses yang dimaksud dipengaruhi oleh berbagai faktor. Beberapa anak mungkin saja bukan mencapai prospek tinggi badan mereka oleh sebab itu berbagai alasan.

Mulai dari genetika, nutrisi, hormon, kesehatan, serta gaya hidup. Memahami alasan-alasan yang dimaksud dapat menghambat peningkatan anak kemudian mengambil langkah-langkah yang diperlukan dapat membantu mencapai tinggi badan yang dimaksud maksimal.

Jika ada kegelisahan tentang perkembangan anak, konsultasikan dengan dokter untuk evaluasi lebih besar lanjut dan juga rekomendasi yang tersebut tepat. Berikut pemicu anak tidaklah berkembang tinggi dilansir dari Health Shots, Selasa (25/6/2024).

5 Penyebab Anak Tidak Tumbuh Tinggi

1. Genetika

Genetika memainkan peran besar pada menentukan tinggi badan seseorang. Anak-anak cenderung mewarisi pola peningkatan dari orang tua mereka. Jika kedua orang tua miliki postur tubuh yang pendek, kemungkinan besar anak mereka itu juga akan miliki tinggi badan yang serupa.

Faktor keturunan, pola perkembangan dan juga tinggi badan yang tersebut diturunkan dari generasi sebelumnya. Tinggi badan anggota keluarga dapat memberi pandangan tentang peluang tinggi anak. Meskipun genetika adalah faktor penting, faktor lingkungan lalu gaya hidup juga mempengaruhi tinggi badan anak.

2. Gizi kemudian Nutrisi yang mana Tidak Memadai

Gizi yang tersebut buruk adalah salah satu pemicu utama pertumbuhan yang tersebut terhambat. Nutrisi yang cukup juga seimbang sangat penting untuk pertumbuhan lalu perkembangan anak.

Protein diperlukan untuk pertumbuhan dan juga perbaikan jaringan tubuh. Vitamin dan juga mineral seperti kalsium, vitamin D, serta fosfor penting untuk pertumbuhan tulang yang dimaksud sehat. Sementara kekurangan kalori dapat menyebabkan tubuh menggunakan energi untuk fungsi vital, bukanlah untuk pertumbuhan.

Pastikan anak mendapatkan makanan yang tersebut kaya akan protein, vitamin, juga mineral. Konsultasikan dengan ahli gizi apabila perlu.