Bisnis  

Profil Abdul Gani Kasuba, Politisi PKS yang tersebut Kena OTT KPK Punya Harta ‘Cuma’ Rp6 M

Profil Abdul Gani Kasuba, Politisi PKS yang digunakan yang dimaksud Kena OTT KPK Punya Harta ‘Cuma’ Rp6 M

Infocakrawala.com – Abdul Gani Kasuba harus ditangkap oleh KPK dikarenakan diduga terjerat tindakan hukum korupsi. Gubernur Maluku Utara ini ditangkap di dalam sebuah hotel di dalam wilayah DKI Jakarta Selatan pada hari Senin, 18 Desember 2023 lalu. 

Kasus yang tersebut menjeratnya sendiri adalah dugaan suap jual-beli jabatan kemudian proyek pengadaan barang kemudian jasa. Proses interogasi masih terus berlanjut guna mendapatkan informasi dan juga keterangan terkait dugaan persoalan hukum tersebut.

Profil Abdul Gani Kasuba

Abdul Gani Kasuba diketahui adalah manusia putra wilayah Halmahera Selatan, Maluku Utara. Ia lahir pada 21 Desember 1951, juga menghabiskan masa kecilnya di dalam Palu, Sulawesi Tengah.

Untuk pendidikannya sendiri, namanya tercatat sebagai siswa dalam Yayasan Al-Khairat yang mana berada pada Palu. Ia bersekolah di tempat yayasan ini hingga jenjang SMA, dan juga melanjutkan studi dalam lembaga pendidikan tinggi Fakultas Dakwah Universitas Islam Madinah.

Selepas masa pendidikannya, Abdul Gani Kasuba kembali ke Yayasan Al-Khairat juga menjabat sebagai Kepala Inspeksi. Perhatiannya pada bidang institusi belajar juga ditunjukkan dengan pendirian beberapa sekolah di area wilayah Maluku Utara Hingga Papua.

Tahun 2004 menjadi awal karir politiknya sama-sama PKS. Di tahun yang mana sama, dirinya terpilih sebagai anggota DPR RI, lalu setelahnya setahun ia progresif sebagai Wakil Gubernur Maluku Utara mendampingi Thaib Armaiyn. Di tahun 2013 ia naik menjadi Gubernur Maluku Utara, serta menjabat hingga ketika ini.

Sepak Terjang lalu Karir

Untuk pengalaman juga karirnya sendiri, dilansir dari berbagai sumber, adalah sebagai berikut.

  • 1976, sebagai Sekretaris Persatuan Pelajar Mahasiswa Madinah
  • 1983, sebagai Kepala Inspeksi Al-Khairat Maluku Utara-Irian Jaya
  • 1994, sebagai Wakil Ketua Majelis Ulama Provinsi Maluku Utara
  • 2004, sebagai Anggota DPR-RI dari PKS
  • 2008, sebagai Wakil Gubernur Maluku Utara
  • 2014, sebagai Gubernur Maluku Utara

Dirinya juga pernah menjadi Ketua PKS Provinsi Maluku Utara, dan juga Ketua Badan Pembina Umat PKS Provinsi Maluku Utara. Jadi jelas, statusnya sebagai kader dari Partai Keadilan Sosial benar-benar telah dilakukan menempel pada dirinya.

Taksiran Kekayaan Abdul Gani Kasuba

Abdul Gani Kasuba sudah pernah melaporkan kekayaan yang tersebut dimilikinya pada sistem LHKPN. Tercatat, harta yang dimaksud dilaporkannya adalah Rp6,4 miliar, sebagai tanah lalu bangunan, kendaraan mobil, kas kemudian setara kas, dan juga tak tercatat miliki utang.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

(Sumber: Suara.com)