Bisnis  

Buyer Mesir Pembeli Teratas pada BSI International Expo 2024, Bidik Transaksi Rp110 M

Buyer Mesir Pembeli Teratas pada BSI International Expo 2024, Bidik Transaksi Rp110 M

Infocakrawala.com – JAKARTA – Buyer dari Mesir meraih peringkat pertama pada penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pembelian barang unggulan Indonesia pada Business Matching di tempat event BSI International Expo 2024 . Pameran lingkungan keuangan syariah juga halal lifestyle yang disebutkan mencatatkan data prospek proses senilai USD6,69 jt atau sekitar Rp110 miliar.

Kehadiran buyer Mesir pada business matching ini adalah hasil dari fasilitasi KBRI Kairo yang tersebut bekerja identik dengan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI). Bekerjasama yang dimaksud bertujuan untuk memberikan akses bursa global terhadap pelaku perniagaan mikro kecil serta menengah (UMKM) pada negeri.

“Produk-produk komoditas halal Indonesia terus dicari oleh buyer dan juga pelaku usaha Mesir. Kesempatan untuk penjajakan lalu negosiasi nilai terbuka lebar,” ujar Atase Perdagangan KBRI Kairo, M. Syahran Bhakti S pada pernyataannya, Kamis (4/7/2024).

Beberapa item yang digunakan diminati serta dibeli oleh buyer Mesir meliputi kopi kemudian minuman coklat antara Delta Sweets Egypt dengan UMKM Binaan PT Sarinah, produk-produk herbal drink antara Delta Sweets dengan Gundanesia Indonesia, hasil mete peanut dan juga Po’ong Coffee antara Seagul Egypt dengan Sentra IKM, Labuan Bajo. Selain itu, item Tempeh Chips antara Seagul Egypt dengan PT Arva Indonesia, hasil briket arang kelapa antara PT Ragaplasma dengan Egyptian Coconut Charcoal, dan juga biji kopi robusta antara Indra Brother Indonesia dengan Food Land Import & Export Egypt.

Sementara, Head International & Financial Institution Group BSI Anna Kristanty mengapresiasi dukungan KBRI Mesir serta minat yang tersebut tinggi dari buyer Mesir terhadap komoditas Indonesia. Capaian kemungkinan kegiatan terbesar oleh buyer Mesir sudah menempati peringkat pertama dari buyer luar negeri pada event Business Matching BSI International Expo 2024 ini.

Terpisah, Duta Besar RI untuk Mesir, Lutfi Rauf, mengharapkan bahwa fasilitasi business matching yang digunakan dijalankan oleh BSI dalam International Expo ini dapat menjadi titik temu, membuka prospek bisnis, serta saling mengetahui minat para buyer potensial Mesir.

Baca Juga: Mengokohkan Peran Indonesia Sebagai Kiblat Industri Halal Planet

Hal itu diharapkan dapat membantu para pelaku perniagaan UMKM melakukan konfirmasi barang yang mana dipesan sesuai dengan yang tersebut diharapkan. Lutfi menambahkan, upaya saling menyokong antara para stakeholder di area Indonesia sangat penting untuk memberikan kesempatan untuk para pelaku perniagaan Indonesia agar mempunyai daya saing tinggi. “Harapannya, kelak Indonesia dapat menjadi pusat bidang halal global,” tuturnya.

Sementara, Direktur Utama BSI Hery Gunardi berharap keberhasilan BSI International Expo tahun ini menjadi dorongan besar bagi pertumbuhan dunia usaha halal dalam Indonesia, sekaligus mengiklankan literasi dan juga inklusi ekonomi halal.

Dengan capaian ini, KBRI Kairo sama-sama BSI berazam untuk terus mengupayakan dan juga memfasilitasi pelaku usaha Indonesia agar dapat lebih besar mudah menembus lingkungan ekonomi global, khususnya di tempat Timur Tengah.