Timnas Indonesia Juara 3 Piala AFF U-16 2024, Nova Arianto: Hal ini Bukan Akhir!

Timnas Indonesia Juara 3 Piala AFF U-16 2024, Nova Arianto: Hal ini Bukan Akhir!

Infocakrawala.com – SOLO – Timnas Indonesia U-16 meninggalkan sebagai juara ketiga di area Piala AFF U-16 2024. Pelatih Nova Arianto menuturkan bahwa ini bukanlah akhir dari perjalanan Skuad Garuda Muda.

Timnas Indonesia U-16 merebut tempat ketiga usai membombardir gawang Vietnam dengan skor 5-0 di dalam Stadion Manahan, Rabu (3/7/2024). Kelima gol masing-masing dicetak Zahaby Gholy (45′, 79′), Dafa Zaidan (45+3′), dan juga Daniel Alfrido (74′, 82′).

Keberhasilan Timnas Indonesia U-16 merebut tempat ketiga dalam Piala AFF U-16 2024 pada luar ekspektasi. Sebab, sejak awal Nova Arianto tak memiliki target apapun terhadap anak asuhnya.

“Dari awal kalau kita bicara target sebenarnya saya bukan memberikan target apapun untuk pemain, dikarenakan mereka itu adalah generasi-generasi baru untuk timnas pada masa yg akan datang. Jadi, berbagai pelajaran yang tersebut didapat pastinya dari pemain yang tersebut mana kita harus bisa jadi kontrol pertandingan, mengatur ritme pertandingan, kesalahan-kesalahan individu yang dimaksud tak perlu menjadi pelajaran bagi mereka,” ungkap Nova.

Nova senang para pemain Timnas Indonesia U-16 bisa jadi mengeluarkan penampilan terbaiknya selama turnamen Piala AFF U-16. Asisten Shin Tae-yong ini akan segera terus memoles skuadnya agar sanggup meraih hasil terbaik di tempat turnamen berikutnya, yakni Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

“Timnas U-16 ini pemain-pemainnya baru, belum pernah berkompetisi internasional lalu pertama kali menggunakan seragam garuda, pastinya tak mudah bagi pemain,” tuturnya.

“Saya bersyukur pemain bisa saja enjoy, menikmati setiap pertandingan yang dimaksud kita jalani dari awal lawan Singapura sampai Vietnam, pemain menunjukan progress luar biasa. Tapi itu tidak menjadi akhir, saya minta pemain lebih banyak fokus lagi agar kita pada kualifikasi piala asia dapat lebih besar baik lagi,” beber Nova.

Selanjutnya, ada pekerjaan berat yang tersebut akan dihadapi Timnas Indonesia U-16. Ya, Skuad Garuda Muda akan menjalani fase Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 pada 23 sampai 27 Oktober 2024 mendatang. Skuad Garuda Muda tergabung di tempat Grup G bersatu Australia, Kuwait, serta Makedonia Utara.