Bagaimana Nasib Nova Arianto usai Bawa Timnas Indonesia U-16 Juara 3 Piala AFF 2024?

Bagaimana Nasib Nova Arianto usai Bawa Timnas Indonesia U-16 Juara 3 Piala AFF 2024?

Infocakrawala.com – SOLO – Pelatih Timnas Indonesia U-16 Nova Arianto berbicara tentang nasibnya sebagai asisten pembimbing Shin Tae-yong di tempat Timnas Indonesia usai mengantarkan Garuda Muda juara 3 Piala AFF.

Nova Arianto mengungkapkan pembicaraan lebih besar lanjut akan diadakan pasca sang pembimbing kembali ke Tanah Air. Pasalnya, pada waktu ini PSSI mempercayai Nova untuk membesut Timnas Indonesia U-16. Juru taktik 44 tahun itu pun menunjukkan kejeniusannya pasca kurang lebih banyak 4,5 tahun menjadi asisten Shin Tae-yong.

Terbukti, Nova baru hanya berhasil mengantarkan Timnas Indonesia U-16 merebut tempat ketiga Piala AFF U-16 2024. Kepastian itu didapat setelahnya Skuad Garuda Muda bantai Vietnam U-16 dengan skor telak 5-0 dalam Stadion Manahan, Solo, Rabu (3/7/2024) sore.

Dengan berakhirnya acara Piala AFF U-16, tentu timbul pertanyaan apakah Nova akan memusatkan fokusnya pada Skuad Garuda Muda atau masih mendampingi Shin Tae-yong di area timnas senior. Apalagi, kontrak Shin Tae-yong sudah pernah diperpanjang hingga 2027.

Menanggapi hal itu, Nova menyatakan ketika ini masih akan mengawasi situasi ke depan. Pasalnya, Timnas Indonesia U-16 akan berlaga dalam sesi Kualifikasi Piala Asia U-17 2025, dalam mana jadwal itu berbenturan dengan Timnas Indonesia yang dimaksud juga menjalani laga Kualifikasi Piala Global 2026 Zona Asia.

“Dengan Coach Shin sendiri, saya masih mengawasi situasinya lantaran ada beberapa jadwal yang tersebut bentrok ya,” kata Nova pada konferensi pers usai pertandingan, Rabu (3/7/2024).

Karena itu, Nova belum mampu memberikan jawaban secara pakem. Eks pemain Persib Bandung itu hanya saja menyampaikan jikalau akan datang melakukan diskusi lebih banyak lanjut setelahnya Shin Tae-yong kembali ke Indonesia.

“Tapi kita masih akan berbicara dengan Pak Erick kemudian bertemu Coach Shin nanti, setelahnya Coach Shin kembali baru kita bicarakan ke depannya seperti apa,” terang Nova.

Ya, jadwal Timnas Indonesia U-16 lalu Timnas Indonesia level senior memang benar berbenturan. Pasalnya, putaran Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 kemudian Kualifikasi Piala Global 2026 Zona Asia sama-sama akan diselenggarakan pada Oktober 2024.