Euro 2024: Arda Guler Sentuh Rekor Wayne Rooney juga Cristiano Ronaldo

Euro 2024: Arda Guler Sentuh Rekor Wayne Rooney juga Cristiano Ronaldo

Infocakrawala.com – LEIPZIG – Gelandang muda Tim Nasional Turki, Arda Guler, berhasil mencatatkan rekor yang dimaksud mengesankan pada Euro 2024 . Pemain berusia 19 tahun itu menjadi remaja ketiga yang berhasil mencetak gol kemudian memberikan assist di kejuaraan yang dimaksud sama, menyamai pencapaian yang sebelumnya semata-mata dicapai oleh Wayne Rooney juga Cristiano Ronaldo dalam Euro 2004.

Prestasi ini diraih Guler pasca memberikan assist penting di kemenangan Turki menghadapi Austria 2-1 di tempat sesi 16 besar Euro 2024. Laga yang dimaksud berlangsung di tempat Red Bull Arena, Leipzig, Jerman pada Rabu (3/7/2024) dini hari WIB.

Dua gol untuk Timnas Turki dicetak oleh Mehdi Demiral (menit ke-1 dan juga ke-59), sedangkan gol balasan untuk Austria dicetak oleh Michael Gregoritsch (menit ke-66).

Opta Joe mencatatkan data bahwa Arda Guler menjadi remaja ketiga yang mana mencetak gol serta assist di satu edisi Kejuaraan Eropa UEFA, setelahnya Rooney dan juga Ronaldo di area Euro 2004.

“Arda Guler adalah remaja ketiga yang mana mencetak gol dan juga assist di edisi yang mana sebanding Kejuaraan Eropa UEFA pasca Wayne Rooney kemudian Cristiano Ronaldo, yang mana keduanya melakukannya di area Euro 2004,” demikian catatan dari Opta Joe.

Sebelumnya, Guler juga sudah pernah mencetak gol ketika Turki mengalahkan Georgia 3-1 di dalam fase grup, dengan mencatatkan gol pada menit ke-65.

Bek Turki, Mehdi Demiral, memberikan pujian untuk penampilan gemilang divisi junior timnya ini, yakin bahwa Arda Guler akan menjadi bintang masa depan Turki.

“Arda layak mendapatkan semua pujian. Dia adalah pemain yang mana luar biasa lalu adik yang mana hebat bagi kami semua. Saya yakin ia akan terus mengangkat nama negara kita,” ujar Demiral.

Kemenangan ini mengakibatkan Turki melaju ke perempat final Euro 2024, dalam mana merek akan bertemu dengan Belanda di tempat Olympiastadion, Berlin, Jerman pada Hari Minggu (7/7/2024) mendatang.