Bisnis  

Pesan Jokowi Soal APBN: Hal ini Uang Rakyat, Hal ini Uang Negara, Pasti Diaudit! Pasti diperiksa

Pesan Jokowi Soal APBN: Hal ini Uang Rakyat, Hal ini Uang Negara, Pasti Diaudit! Pasti diperiksa

Infocakrawala.com – JAKARTA – Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menyampaikan selamat terhadap seluruh jajaran pemerintah baik pusat kemudian tempat berhadapan dengan predikat wajar tanpa pengecualian ( WTP ). Hal ini disampaikan Jokowi di sambutannya pada acara Penyampaian laporan hasil pemeriksaan menghadapi laporan keuangan pemerintah pusat tahun 2023 lalu ikhtisar hasil pemeriksaan semester II tahun 2023.

“Saya ingin menyampaikan selamat terhadap seluruh jajaran pemerintah pusat dan juga daerah, berhadapan dengan predikat wajar tanpa pengecualian pada laporan keuangan pemerintah tahun ini,” kata Jokowi di sambutannya dengan tema menguatkan fondasi negara, Menuju Indonesia emas 2045 dalam JCC, Jakarta, Awal Minggu (8/7/2024).

Jokowi juga menyampaikan, penghargaan lalu apresiasi terhadap BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) yang telah dilakukan melaksanakan tugas pemeriksaan keuangan negara kemudian terus meningkat profesionalismenya pada fungsi pemeriksaan. Kepala Negara menekankan, bahwa predikat WTP tidak menjadi sebuah prestasi, tapi kewajiban bagi pemerintah pusat dan juga daerah.

“Sudah banyak saya komunikasikan bahwa WTP bukanlah prestasi. Tetap WTP adalah kewajiban kita semua. Kewajiban menggunakan APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) secara baik. Hal ini uang rakyat. Ini adalah uang negara. Kita harus merasa, setiap tahun, ini pasti diaudit. Pasti diperiksa,” katanya.

Jokowi juga menekankan, menjadi sebuah kewajiban bagi pemerintah pusat juga area untuk menggunakan APBN lalu APBD secara baik. “Jadi sekali lagi, kewajiban menggunakan APBN juga APBN secara baik. Dan juga kewajiban menjalankan APBN serta APBD secara baik. Serta kewajiban mempertanggungjawabkannya secara baik pula,” tandasnya.