Bisnis  

Peringkat 27 Dunia, Infrastruktur Mutu Indonesia Paling Unggul di area ASEAN

Peringkat 27 Dunia, Infrastruktur Mutu Indonesia Paling Unggul pada area ASEAN

Infocakrawala.com – JAKARTA – Penelitian Global Quality Infrastructure Index (GQII) 2023 yang baru dirilis Mei 2024 menunjukkan, infrastruktur mutu Indonesia menduduki peringkat nomor 27 dalam dunia. Peringkat yang dimaksud menempatkan Indonesia dengan infrastruktur mutu nasional paling unggul di tempat ASEAN.

“Hasil penelitian yang dimaksud dirilis GQII Rencana yang disebutkan tentu cuma membanggakan. Namun demikian, masih diperlukan upaya yang tersebut lebih banyak besar untuk meningkatkan efektifitas peran lalu fungsi infrastruktur mutu nasional untuk mewujudkan daya saing komoditas Indonesia dalam pangsa global,” ujar Sekretaris Utama Badan Standardisasi Nasional (BSN) Donny Purnomo di keterangan resminya, Hari Minggu (7/7/2024).

Secara terinci, peringkat pilar infrastruktur mutu Indonesia berdasarkan riset GQII 2023, untuk bidang metrologi berada dalam kedudukan 38. Selanjutnya, pada bidang standardisasi Indonesia berada di dalam tempat 37, dan juga di dalam bidang akreditasi pada peringkat 10 dari 185 negara dalam dunia.

Menurut Donny, apabila dibandingkan dengan negara-negara G20, infrastruktur mutu Indonesia berada pada kedudukan ke-17, selaras dengan peringkat Pendapatan Domestik Bruto Indonesia yang dimaksud juga berada pada tempat ke-17. Sementara itu, 3 negara dengan peringkat infrastruktur mutu nasional tertinggi dalam dunia adalah Jerman pada peringkat 1 yang mana mewakili Uni Eropa (UE), China pada peringkat 2, serta Amerika Serikat (AS) pada peringkat ke-3.

Donny mengatakan, hal itu juga selaras dengan Produk Domestik Bruto ketiga negara yang dimaksud yang dimaksud juga terbesar dalam dunia, yaitu Negeri Paman Sam pada peringkat 1, China pada peringkat 2, kemudian UE di area peringkat 3. “Keselarasan peringkat ini menunjukkan bahwa tingkat kemajuan infrastruktur mutu nasional memiliki korelasi dengan segera dengan Produk Domestik Bruto satu negara,” jelasnya.