Bisnis  

Mau Pindahkan Ribuan, Bisnis Kantor ASN di area IKN Hanya Bisa Tampung 594 ASN

Mau Pindahkan Ribuan, Bisnis Kantor ASN di tempat area IKN Hanya Bisa Tampung 594 ASN

Infocakrawala.com – JAKARTA – eksekutif memiliki target pemindahan Aparatur Sipil Negara ( ASN ) ke Ibu Perkotaan Nusantara atau IKN pada bulan September 2024 mendatang. Saat ini penyelesaian gedung pusat administrasi sedang dikebut menjauhi pemindahan pusat pemerintahan.

Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR, Imam Santoso Ernawi mengatakan, gedung perkantoran di area IKN yang mana akan selesai di waktu dekat kemungkinan baru mampu menampung sekitar 594 ASN saja.

Imam menjelaskan, hal itu menyusul progres penyelenggaraan yang tersebut memang benar belum bisa saja rampung seluruhnya untuk sektor kantor ASN pada IKN pada tahun 2024 ini. Sehingga kapasitasnya akan bertambah seiring penyelesaian pekerjaan kantor-kantor tersebut.

“Maka 4 tower gedung perkantoran di tempat Juni ini akan fungsional, kapasitasnya itu kurang lebih besar 519 ASN dapat berkantor dalam situ, lantaran apa belum semua lantai selesai,” ujar Imam pada konferensi pers virtual, Kamis (11/7/2024).

Menurutnya, sektor kantor yang tersebut dibangun dalam IKN terbagi di 4 komplek pekerjaan. Seperti kantor Kementerian Koordinator 1 yang terdiri dari 4 tower, ketika ini progresnya sudah ada 78,8% per 4 Juli lalu. Kantor kementerian Koordinator 1 itu juga yang nantinya akan digunakan fungsional pada 17 Agustus mendatang.

“Tower 1 akan fungsional 3 lantai, tower 2 ada 3 lantai tower 3 ada 3 lantai, tower 4 ada 3 lantai, itu masing-masing dengan kapasitas jumlah keseluruhan orang bisa jadi bekerja di area situ,” sambungnya.

Kemudian ada komplek gedung perkantoran Kementerian Koordinator 2 dengan persentase proses pembuatan 38,28%. Komplek pusat administrasi ini nantinya juga akan dibangun sebanyak 4 tower sebagai tempat kerja para ASN. Namun bangunan ini dipastikan tiada akan rampung pada tahun ini.

Komplek kantor Kementerian Koordinator 3 ketika ini progresnya sudah ada mencapai 85,88% untuk pembangunan 4 tower sekaligus. Terakhir pengerjaan komplek kantor Kementerian Koordinator 4 dengan progres 88,22% yang tersebut terdiri dari 4 tower.

“Nah ini semua Kemenko-Kemenko ini kalau dengan target sebetulnya kita paketnya lantaran nanti mengantornya itu baru September lalu gitu ya, maka target ini pasti di dalam bulan September akan lebih banyak baik,” tutupnya.