Fakta-fakta Inggris Tembus Final Euro 2024, Catat Rekor Unik

Fakta-fakta Inggris Tembus Final Euro 2024, Catat Rekor Unik

Infocakrawala.com – DORTMUND – Tim Nasional (Timnas) Inggris baru sekadar memulangkan Belanda dari Euro 2024 dalam putaran semifinal. Keberhasilan ini memproduksi pasukan berjuluk The Three Lions melaju ke partai final.

Ada torehan rekor menarik The Three Lions ketika melaju ke final Euro, pada mana Inggris terus-menerus menang comeback sejak fase 16 besar.

Saat menghadapi Belanda pada laga yang tersebut berlangsung dalam Stadion Signal Iduna Park, Kamis (11/7/2024), The Three Lions harus kecolongan gol cepat tambahan dulu lewat Xavi Simons di area menit ke-7.

Kemudian Inggris sukses menyamakan kedudukan di area menit ke-18 lewat gol titip putih Harry Kane. Hingga akhirnya, The Three Lions berhasil cetak gol telat sekaligus kemenangan lewat tendangan Ollie Watkins di tempat menit ke-90.

Kemenangan comeback ini mencatatkan sejarah tersendiri bagi The Three Lions. Karena Inggris menjadi kelompok pertama yang digunakan berhasil lolos ke final dengan selalu mencatatkan data kemenangan comeback sejak fase 16 besar Euro 2024.

“Inggris adalah regu pertama yang digunakan mencapai final pertandingan Euro setelahnya tertinggal dalam masing-masing putaran 16 besar, perempat final, juga semifinal,” tulis laporan UEFA di tempat laman resminya, Kamis (11/7/2024).

Faktanya, Inggris memang benar rajanya comeback. Di putaran 16 besar, regu polesan Gareth Southgate itu berhasil membalikan keadaan menjadi 2-1 berhadapan dengan Slovakia.

Kemudian memaksa Swiss bermain hingga adu penalti pasca menyamakan kedudukan 1-1 di dalam perempat final kemudian sekarang Belanda menjadi korban The Three Lions.

Tidak hanya sekali itu saja. Southgate juga mengukir sejarah dengan menjadi pembimbing ketiga yang digunakan sukses menghadirkan suatu pasukan menembus final secara dua kali beruntun.

“Bos Three Lions Southgate menjadi ahli ketiga yang tersebut mencapai dua final Euro, setelahnya Helmut Schön dari Jerman (1972 juga 1976) juga Berti Vogts (1992 kemudian 1996),” tulis UEFA.

Di partai final, Inggris akan menghadapi lawan kuat yakni Spanyol. Rencananya duel puncak yang disebutkan akan segera diselenggarakan di dalam Olympiastadion Berlin, Hari Senin (15/7/2024) dini hari.