Gelar Christmas E-Lifes di tempat Ambon, PT PLN Persero Lengkapi dengan Pameran Mobil Listrik untuk Tujuan Ini adalah

Gelar Christmas E-Lifes di dalam tempat Ambon, PT PLN Persero Lengkapi dengan Pameran Mobil Listrik untuk Tujuan Ini adalah adalah

Infocakrawala.com – Libur Natal juga Tahun Baru atau Libur Nataru menjelang, sederet acara yang digunakan meminta penduduk semakin dekat dengan sumber alternatif pengganti Bahan Bakar Minyak atau BBM terus digalakkan. Antara lain pameran Christmas E-Lifes atau Christmas Electrifying Lifestyle dalam Ambon, ibu kota Provinsi Maluku.

Dikutip dari kantor berita Antara, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku kemudian Maluku Utara (UIW MMI) menyelenggarakan Christmas Electrifying Lifestyle (E-Lifes) pada 14- 15 Desember 2023 di dalam Unit Layanan Pelanggan (ULP) Pusat Kota Ambon.

Tujuan penyelenggaraan pameran electrifying lifestyle ini untuk menghadirkan warga di mengaplikasikan gaya hidup baru dengan menggunakan peralatan serba elektrik yang tersebut bebas emisi lalu ramah lingkungan.

Contoh recharging penyimpan daya sepeda gowes motor listrik di area SPKLU, yang tersebut dipamerkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 [Suara.com/CNR ukirsari].
Contoh recharging elemen penyimpan daya kendaraan beroda dua motor listrik di tempat SPKLU, yang mana dipamerkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 [Suara.com/CNR ukirsari].

Semakin nyata dan juga dekat dengan keseharian, acara didukung pameran kendaraan listrik, dari mobil, motor, lalu sepeda gowes listrik, dengan harapan rakyat akan teredukasi pemahamannya lalu semakin berbagai yang mana mengubah gaya hidup konvensional menuju gaya hidup serba listrik.

Kendaraan listrik, utamanya mobil listrik mempunyai beberapa kategori. Antara lain hybrid atau PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) serta Battery Electric Vehicle (BEV). Dalam operasional berbeda keduanya miliki peruntukan sama: meminimalkan kadar emisi gas buang dari sebuah kendaraan bermotor.

Dengan unsur bakar ramah lingkungan tadi, berbagai pihak–dalam hal ini, di dalam pameran adalah PT PLN (Persero)–mendukung target pemerintah mencapai Net Zero Emission atau NZE 2060.

“Christmas E-lifes memadukan antara kemeriahan Natal serta Tahun Baru, juga memberikan kesempatan bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), dan juga pemanfaatan Electrifying Lifestyle,” jelas Awat Tuhuloula, General Manager PLN UIW MMU pada akhir pekan lalu.

Christmas E-Lifes ini bukan hanya sekali memperkenalkan gaya hidup serba listrik, melainkan membuka ruang bagi pemangku kepentingan serta pelaku usaha mengambil bagian di pameran itu.

Selain edukasi ke pelanggan penduduk juga berkesempatan untuk memperoleh permintaan substansi pokok mendekati Natal dan juga tahun baru dengan biaya yang mana lebih besar murah.

“Untuk melengkapi dekorasi Natal juga ada kerajinan tangan dari item lokal perajin pada Pulau Ambon yang dimaksud ditawarkan,” tambah Awat Tuhuloula.

Pengunjung pameran juga disuguhkan berbagai kreativitas Generasi Millenial, mulai lomba mewarnai, menghias pohon Natal lalu lagu rohani.

Disamping berupaya menggencarkan perangkat lunak PLN Mobile, kegiatan electrifying lifestyle juga masuk pada kegiatan prioritas untuk digalakkan, mengingat inisiatif ini memperkuat misi pemerintahan di berkontribusi menurunkan emisi serta memberikan sumbangsih untuk mewujudkan target maupun komitmen NZE 2060.

“Kami perkenalkan untuk pengunjung sehingga acara ini dapat digaungkan secara tambahan masif dalam warga luas. Rencana ini kita upayakan berkelanjutan, sehingga implementasi dari transisi energi di mengupayakan green energy dapat direalisasikan,” tambah Awat Tuhuloula.

PLN juga mengupayakan konstruksi prasarana pendukung kelistrikan, seperti Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang dapat digunakan secara meluas oleh warga umum,sehingga kesadaran warga tentang acara electrifying lifestyle akan semakin meningkat.

Penyediaan SPKLU menjadi tolok ukur bahwa kendaraan listrik sudah ada mulai diminati juga mengalami perkembangan di dalam Maluku kemudian Maluku Utara. Harapannya tentu semakin familiar sehingga pengaplikasian kendaraan Electric Vehicle atau EV semakin marak di tempat seluruh penjuru Tanah Air.

(Sumber: Suara.com)