Akbar Supratman Pimpin Komite Hekrafnas Nasional 2024

Akbar Supratman Pimpin Komite Hekrafnas Nasional 2024

Infocakrawala.com – JAKARTA – Inisiatif Perekonomian Kreatif Nasional (Gekrafs) menetapkan susunan Komite Hari Perekonomian Kreatif Nasional 2024 ( Hekrafnas ). Senator muda jika Sulawesi Tengah, Akbar Supratman, ditunjuk sebagai Ketua Komite Hekrafnas 2024.

Akbar akan bekerja sama-sama Ifan Seventeen lalu Amin Ahlun, pemilik Polaraya, di mengatur komite ini. Selain itu, Komite Hekrafnas 2024 juga diperkuat oleh Cindy Monica, anggota DPR terpilih selama Sumatera Barat, sebagai Sekretaris, dan juga Muhammad Rofiqi, anggota DPR terpilih dari Kalimantan Selatan, sebagai Bendahara.

Tahun lalu, pemerintah menetapkan 24 Oktober sebagai Hari Sektor Bisnis Kreatif Nasional (Hekrafnas). Inisiatif ini diusulkan oleh Gekrafs bersatu Kemenparekraf, dengan tujuan menjadikan Hekrafnas sebagai ‘Hari Lebaran’ bagi pelaku dunia usaha kreatif pada seluruh Indonesia.

Ketua Umum DPP Gekrafs Kawendra Lukistian menyampaikan harapannya bahwa penunjukan Komite Hekrafnas 2024 dapat menjadi simbol kolaborasi nyata generasi muda untuk menghelat kegiatan nasional.

“Dari Komite Hekrafnas 2024 kita sanggup lihat bahwa generasi muda berprestasi dari berbagai daerah, meskipun dengan berbagai latar belakang, dapat berkolaborasi secara nyata di tempat tingkat nasional,” kata Kawendra di dalam Jakarta, Mingguan (14/7/2024).

Akbar Supratman, yang mana juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPW Gekrafs Sulawesi Tengah dikenal berkat kontribusinya di mengiklankan budaya lokal. Salah satu pencapaian terbesarnya adalah sukses menyelenggarakan Festival Tende Pertama pada Februari 2024 lalu. Festival ini diselenggarakan di dalam Palu, Sulawesi Tengah, lalu bertujuan melestarikan budaya lokal yang tersebut dikenal dengan istilah “Tende.”

Kata atau istilah “Tende” berasal dari bahasa Kaili yang berarti pujian. Budaya Tende, yang melibatkan saling memuji, telah dilakukan menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup rakyat Palu. Festival Tende mengangkat budaya ini sebagai tema utama, dengan berbagai acara yang digunakan menampilkan seni dan juga tradisi lokal, dan juga pertemuan talkshow yang dimaksud mengkaji peran UMKM pada sektor ekonomi kreatif.

Dengan prestasi lalu partisipasi yang mana sudah pernah ditunjukkan Akbar Supratman, harapannya sebagai Ketua Komite Hekrafnas 2024, ia dapat mengakibatkan semangat kolaborasi lalu pembaharuan pada perayaan Hari Perekonomian Kreatif Nasional. Hekrafnas diharapkan menjadi kesempatan penting di menggalakkan pertumbuhan sektor ekonomi kreatif di tempat Indonesia serta memberikan dampak positif bagi penggiat juga pelaku sektor kreatif pada seluruh Nusantara.

Selain mendapatkan amanah baru sebagai anggota DPD RI, Akbar pada masa kini ditunjuk lalu diminta untuk mengatur perayaan Hari Kondisi Keuangan Kreatif Nasional 2024. Amanah baru ini merupakan tantangan sekaligus prospek bagi Akbar untuk membuktikan kemampuan juga dedikasinya pada memajukan sektor sektor ekonomi kreatif Indonesia.