Rencana Pemberdayaan Pemuda Perlu Kerjasama dengan Pemangku Kepentingan Lain

Rencana Pemberdayaan Pemuda Perlu Kerjasama dengan Pemangku Kepentingan Lain

Infocakrawala.com – JAKARTA – Peneliti Laboratorium Administrasi dan juga Kebijakan Publik Universitas Lampung Dodi Faedlulloh mengapresiasi acara pelayanan kepemudaan yang digunakan digagas Menteri Pemuda dan juga Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. Rencana ini bertujuan memberdayakan pemuda .

Dia menilai Perpres Nomor 43 Tahun 2022 tentang Kerjasama Penting Lintas Bidang di Pelayanan Kepemudaan merupakan langkah tepat serta krusial.

“Isu kemudian pelayanan kepemudaan terlalu penting untuk cuma menjadi tanggung jawab Kemenpora saja. Generasi muda kita mewakili masa depan negeri ini juga untuk memenuhi keinginan dia diperlukan pendekatan kolaboratif yang digunakan melibatkan berbagai sektor. Secara normatif, peraturan ini dapat menjadi lompatan besar,” ujarnya, Rabu (17/7/2024).

Peraturan itu bertujuan meningkatkan efektivitas layanan pemuda dengan meyakinkan bahwa inisiatif kemudian kegiatan diselenggarakan oleh beragam sektor.

“Hal ini akan menumbuhkan kegiatan sinergis yang berfokus pada kesadaran, pemberdayaan, dan juga pengembangan keterampilan perintis pemuda,” ucapnya.

Menurut dia, Perpres jangan sampai mubazir. Perlu pengawalan agar aturan itu berjalan dengan baik serta semestinya.

Dia memperlihatkan salah satu langkah baik yang digunakan diambil Menpora Dito. Menpora membentuk Tim Kerjasama Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan yang dimaksud merupakan tindakan lanjut dari Perpres tersebut. “Semoga pasukan ini bisa jadi menjadi akselerator dan juga dapat meretas sisi birokratis pada koordinasi,” katanya.

Tim yang disebutkan bertujuan menggalang kelancaran pelaksanaan koordinasi strategis lintas sektor penyelenggaraan pelayanan kepemudaan. Di tingkat nasional terdapat 27 kementerian lalu lembaga negara yang mana masuk regu koordinasi penyelenggaraan pelayanan kepemudaan seperti Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pertahanan, hingga Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP).

Keberhasilan Perpres No 43 Tahun 2022 bergantung pada pengawasan yang dimaksud penting lalu berkelanjutan. Tak belaka di area tingkat pusat, tapi juga sampai tingkat area sebab pasukan koordinasi dibentuk hingga tingkat kabupaten serta kota.

Dodi mengawasi prospek generasi muda di tempat berbagai tempat sangat besar. Baginya peluang yang disebutkan perlu dimanfaatkan melalui implementasi yang dimaksud cerdas kemudian terpantau dengan baik oleh anak-anak muda itu sendiri.