Bisnis  

Peruri Hadirkan e-Polis, Transformasi Digital pada Industri Asuransi

Peruri Hadirkan e-Polis, Transformasi Digital pada Industri Asuransi

Infocakrawala.com – JAKARTA – Perum Peruri membantu kemajuan digitalisasi di dalam Indonesia dengan meluncurkan e-Polis, sebuah solusi digital untuk sektor asuransi. Dalam acara Seminar ‘Literasi e-Polis kemudian Pemanfaatan Kecerdasan Buatan untuk Proses Penerbitan kemudian Pemeriksaan Keabsahan Polis’ yang digunakan diselenggarakan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) pada Jakarta, Mulai Pekan (15/7), Peruri memperkenalkan pembaharuan ini terhadap para anggota AAUI.

Direktur Digital Business Peruri Farah Fitria Rahmayanti menyatakan e-Polis meningkatkan kekuatan peran Peruri sebagai penjamin keaslian dokumen penting di area Indonesia. E-Polis adalah solusi modern yang mana meningkatkan efisiensi juga keamanan di penerbitan juga pemeriksaan keabsahan dokumen polis asuransi.

“Kami memverifikasi setiap e-Polis miliki fasilitas forensik dengan keamanan berlapis untuk menghindari pemalsuan,” ujarnya.

Plt. Deputi Sektor Transformasi Pengadaan Digital LKPP, Patria Susantosa, juga menekankan pentingnya perubahan struktural digital di area berbagai sektor, termasuk pengadaan. Menurutnya, digitalisasi meningkatkan efisiensi serta transparansi di proses pengadaan. Regulasi mengenai e-Polis diatur pada Peraturan OJK Nomor 23/POJK.05/2015.

Ketua AAUI Budi Herawan mengapresiasi diperkenalkan e-Polis sebagai solusi untuk meningkatkan efisiensi dan juga jaminan keaslian polis melalui digitalisasi.

“Memasuki era digitalisasi, kita dapat meminimalisir berbagai persoalan yang mana kerap terjadi pada proses asuransi. Teknologi pada digitalisasi menjadi kunci untuk meningkatkan efisiensi,” ujarnya.

Sementara, Kepala Departemen Perizinan, Pemeriksaan Khusus, kemudian Pengendalian Mutu Perasuransian, Penjaminan serta Dana Pensiun Otoritas Jasa Keuangan, Asep Iskandar menyatakan bahwa OJK berikrar untuk mengupayakan implementasi digitalisasi dalam sektor asuransi. Sejak didirikan pada 1971, Peruri telah dilakukan berhasil bertransformasi dari security printing menjadi perusahaan teknologi high security.