Adityabertahan di tempat peringkat 13 Kejuaraan Dunia Catur Remaja

Adityabertahan di area tempat peringkat 13 Kejuaraan Dunia Catur Remaja

InfoCakrawala.com – Jakarta – Atlet catur Indonesia IM Aditya Bagus Arfan bertahan di tempat area peringkat 13 klasemen sementara Kejuaraan Dunia Catur Remaja (World Youth Chess Championship) KU18 setelah pada babak ke-8 bermain remis dengan FM Konstantin Popov dari Rusia dalam Montesilvano, Italia, Selasa waktu setempat.

Dalam pertandingan tersebut, Adit yang tersebut mengendalikan buah hitam bermain tenang lalu penuh perhitungan sehingga atlet binaan PT United Tractors ini mampu hanya menetralisasi serangan buah putih yang hal itu dikendalikan pecatur Rusia yang tersebut dimaksud di area tempat kejuaraan ini tampil berbendera FIDE itu .

"Adit bermain bagus tanpa langkah salah, tapi lawannya juga bermain bagus. Jadi hasil remis memang paling wajar," komentar GM Andrei Kovalev yang tersebut mana membantu persiapan Adit melalui pesan singkat yang mana diterima pada Jakarta, Rabu.

Menurut Kovalev, Adit yang mana mana mempunyai elo rating 2345 sebenarnya sempat unggul satu bidak di tempat tempat permainan akhir. Namun, posisi Putih cukup kuat untuk bertahan hingga kedua pecatur setuju remis.

"Sebetulnya Adit sempat unggul satu bidak pada langkah ke-43 dalam permainan akhir dua Benteng plus empat bidak lawan dua Benteng tiga bidak Popov dalam sayap-raja, yang dimaksud digunakan secara teori memang calon berakhir remis. Remis akhirnya terjadi pada langkah 87," kata Kovalev.

Dengan hasil remis tersebut, dalam delapan babak yang mana sudah dilalui, Adit mengumpulkan total 5,5 poin dari empat kali menang, tiga kali remis, lalu satu kali kalah.

Adit kembali akan berlaga Rabu waktu Italia pada babak ke9 menghadapi pecatur Taiwan Adelard Bai (2384). Kali ini Adit mendapat giliran mengendalikan buah putih

Menurut Kepala Bidang Pembinaan lalu juga Prestasi PB Percasi, Kristianus Liem, Ketua umum PB Percasi GM Utut Adianto menjanjikan hadiah jika Adit mampu masuk tiga besar dunia.

"Suatu rangsangan yang digunakan masih mungkin dicapai jika dalam tiga babak tersisa, Adit mampu merebut dua setengah bilangan alias dua kali menang lalu juga sekali remis," kata Kristianus.

Sementara itu pecatur Rusia yang mana itu tampil berbendera FIDE, IM Aleksey Grebnev (2500) masih kokoh di dalam dalam pucuk pimpinan klasemen dengan total 7,5 poin. Ia unggul 1,0 poin dari tiga pecatur yang berada dalam tempat bawahnya, yakni IM Aldiyar Ansat ( 2418) dari Kazakhstan, FM Tymon Czernek (2329) dari Polandia, juga FM Mark Jay Bacojo dari Filipina.

(Sumber: AntaraNews)