Bisnis  

Satu-satunya Wakil Indonesia, BTN Sabet Euromoney Awards For Exellence 2024

Satu-satunya Wakil Indonesia, BTN Sabet Euromoney Awards For Exellence 2024

Infocakrawala.com – LONDON – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN berhasil meraih penghargaan Indonesia Best Bank For Diversity and Inclusion di Ajang Euromoney Awards For Exellence 2024 di dalam London, pada 18 Juli 2024. BTN menjadi satu-satunya bank jika Indonesia yang tersebut meraih penghargaan Euromoney Awards For Exellence 2024 .

Penghargaan internasional ini melengkapi berbagai penghargaan global yang mana sudah pernah diraih BTN tahun ini. Dalam kesempatan tersebut, penghargaan diterima dengan segera oleh Kepala Kantor Wilayah BTN Ibukota Indonesia 2, Iriska Dewayani sama-sama Kepala Divisi Human Capital Startegy Division (HCSD), Aldo Bimantoro pada London, Inggris, Kamis (18/7).

“Kami berterima kasih untuk Euromoney yang digunakan sudah pernah memberikan penghargaan bergengsi ini. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi seluruh insan BTNers untuk terus bekerja juga berkarya lebih besar baik lagi pada mengimplementasikan visi perusahaan menjadi The Best Mortgage Bank in Southeast Asia pada tahun 2025,” ujar Direktur Utama BTN Nixon LP Napitulu pada keterangan tertulisnya, hari terakhir pekan (19/7).

Nixon mengungkapkan, diraihnya penghargaan Indonesia Best Bank for Diversity and Inclusion sejalan dengan target perseroan yang digunakan ingin menjadi ESG Champion tahun ini. Hal ini juga membuktikan inisiatif ESG khususnya terkait diversity serta inclusion sudah pernah berjalan dengan baik dan juga mendapat pengakuan dari berbagai institusi termasuk media luar negeri.

“Sejak beberapa tahun lalu, pada BTN jumlah keseluruhan tenaga kerjanya sudah ada merata dilihat dari sisi gender. BTN juga membuka kesempatan yang tersebut seluas-luasnya untuk perempuan bisa saja mengisi jabatan top level management. Kami juga sudah pernah menimbulkan acara untuk menciptakan lingkungan kerja dimana semua orang bisa saja diterima, dihargai serta mendapatkan dukungan melalui inisiatif Respecful Workplace Policy juga penyediaan infrastruktur penunjang antara lain Daycare & Nursery Room,” tegas Nixon.

Dia menambahkan, hingga akhir Desember 2023 total jumlah total karyawan BTN sebanyak 12.045 orang. Dari total yang dimaksud komposisinya terdiri dari karyawan wanita sebesar 48% juga pria sebesar 52%.

“BTN sangat menjunjung tinggi kesetaraan gender pada lingkungan kerja. Hal ini bisa saja dilihat dari talent perempuan yang digunakan mengisi sikap top management sudah pernah berada disekitar 18%. Tahun ini ditargetkan komposisinya bisa jadi meningkat ke 20% dan juga Tahun 2028 kami mempunyai target 30% karyawan wanita akan mengisi Top Management,” paparnya.

Sedangkan karyawan BTN yang tersebut masuk di kategori disabilitas, lanjut Nixon, juga semakin menunjukkan nomor pertumbuhan yang tersebut positif melalui beberapa kegiatan rekrutmen khusus. “BTN akan terus membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi calon karyawan penyandang disabilitas untuk bergabung bersatu BTN sehingga mencapai proporsi 2% sejalan dengan target yang mana diberikan,” katanya.

Di sisi lain, Nixon mengungkapkan, acara Respectful Workplace Policy (RWP) yang tersebut telah lama dilaksanakan sejak tahun 2022, semakin menghasilkan kondisi lingkungan kerja menjadi semakin baik, sehingga para karyawan dapat bekerja lebih lanjut produktif.

Dengan inisiatif Respectful Workplace Policy ini membuktikan BTN sangat penting pada memulai pembangunan lingkungan kerja yang dimaksud dinamis, ramah kemudian produktif untuk semua pihak tanpa memandang perbedaan gender, penyandang disabilitas, juga mengurangi adanya diskriminasi, pelecehan lalu kekerasan terhadap BTNers pada lingkungan BTN serta juga perusahaan afiliasi terkonsolidasi BTN.

“Respectful Workplace Policy, mulai dari sexual harassment, body shaming, diskriminasi yang menyangkut SARA (Suku Ras Agama serta Antar Golongan), dan juga sebagainya itu tiada boleh ada di tempat lingkungan kita sehingga harus dipahami juga dilaksanakan,” pungkasnya.