Hasil Piala AFF U-19 2024: Filipina Ancam Indonesia usai Sikat Timor Leste 2-0

Hasil Piala AFF U-19 2024: Filipina Ancam Indonesia usai Sikat Timor Leste 2-0

Infocakrawala.com – SURABAYA – Tim Nasional (Timnas) Filipina U-19 berhasil mengalahkan Timor Leste U-19 dengan skor 2-0 di lanjutan Grup A Piala AFF U-19 2024 . Kemenangan gemilang itu sedikit mengancam Indonesia sebagai pemuncak grup.

Pertandingan itu dijalankan dalam Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur pada Hari Sabtu (20/7/2024). Timnas Filipina U-19 secara langsung bermain trengginas sejak awal pertandingan di dalam sesi pertama. Mereka dengan segera menekan lini pertahanan Timor Leste U-19 untuk mencari keunggulan pada awal pertandingan.

Hasilnya manis, Timnas Filipina U-19 akhirnya sukses mencetak gol lewat Abang Banatao (12’). Gol itu menyebabkan Timor Leste U-19 merespons dengan serangan masif ke pertahanan The Young Azkals -julukan Timnas Filipina U-19.

Walau begitu, upaya Timor Leste U-19 berhasil diantisipasi dengan baik oleh anak asuh Josep Ferre. Pada akhirnya, putaran pertama selesai untuk keunggulan Timnas Filipina U-19 melawan Timor Leste U-19 dengan skor 1-0.

Memasuki sesi kedua, Timnas Timor Leste U-19 bermain dengan serangan cepat sejak awal pertandingan. Berdila Da Silva juga Da Costa menjadi motor serangan utama regu besutan Eduardo Pereira itu.

Terus menyerang, Timnas Timor Leste U-19 lupa untuk bertahan. Timnas Filipina U-19 yang tersebut melancarkan serangan balik cepat berhasil mencetak gol kedua via Abang Banatao (61’).

Pada menit-menit akhir pertandingan, Timnas Timor Leste U-19 terus melancarkan serangan untuk memperkecil ketertinggalan. Namun sayang, pada akhirnya Timnas Filipina U-19 sukses mengunci kemenangan berhadapan dengan Timor Leste U-19 dengan skor 2-0.

Dengan kemenangan itu, Filipina membayangi Indonesia dengan sama-sama poin 3 di area Grup A. Hanya juara grup yang digunakan otomatis lolos ke semifinal, sedangkan peringkat kedua (runner up grup) harus bersaing pada peringkat dua terbaik.

Susunan Pemain:

Filipina U-19: Castro Alonso (GK), Concepcion, Merino Leonor, Abang Banatao, Orteza, Angelo Arnado, Roxas, Abrera, Medez, Agius, Solomon.
Pelatih: Josep Ferre

Timor Leste U-19: Quintao (GK), Costa, Ribeiro, Santos, Berdila Da Silva, Guterres, Lemos, Goncalves, Da Costa, Bianco, Braz.
Pelatih: Eduardo Pereira