Bisnis  

Tetesan Terakhir Minyak Rusia ke Negara Eropa Mulai Habis

Tetesan Terakhir Minyak Rusia ke Negara Eropa Mulai Habis

Infocakrawala.com – BUDAPEST – Slovakia juga Hongaria mengaku telah berhenti menerima minyak Rusia dari pemasok utama, Lukoil pasca tanah Ukraina pada bulan lalu memberlakukan larangan melawan transit sumber daya dari perusahaan energi Rusia melalui wilayahnya.

Langkah itu menyoroti pasokan minyak Rusia yang digunakan tersisa ke Eropa melalui pipa Druzhba yang dibangun Soviet, sebagai rute pasokan minyak Rusia terakhir yang berfungsi ke benua biru (Eropa).

Meski begitu, Slovakia juga Hongaria mengatakan, masih menerima minyak dari perusahaan Rusia lainnya, meskipun pasokan Lukoil dihentikan. Sedangkan, Lukoil menolak berkomentar persoalan larangan yang digunakan diberlakukan tanah Ukraina seperti dilansir Reuters.

Pengangkut minyak Slovakia, Transpetrol mengatakan, bahwa pengiriman dari Lukoil telah terjadi dihentikan, akan tetapi pasokan dari eksportir Rusia lainnya masih tiba di tempat Slovakia melalui Ukraina.

Perusahaan energi yang tersebut dikelola negara Ukraina, Naftogaz belum bersedia untuk dimintai komentar.

Sedangkan Kementerian kegiatan ekonomi Slovakia mengutarakan, bahwa pengiriman minyak dari Lukoil, produsen minyak terbesar kedua Rusia, telah terjadi berhenti mengalir ke Slovakia melalui negara Ukraina menyusul masuknya perusahaan pada daftar sanksi Ukraina.

“Menurut data dari Transpetrol (pengangkut minyak Slovakia), pengiriman minyak Rusia ke Slovakia bukan dihentikan. Masalahnya adalah, menurut (penyulingan Slovakia) Slovnaft yakni pengiriman dari pemasok, Lukoil,” kata kementerian itu.

Dikatakan Slovnaft telah dilakukan mengamankan pengiriman dari pemasok lain, dan juga kementerian sedang mendiskusikan kesulitan ini dengan Ukraina.

Rusia diketahui terus memasok gas alam ke Eropa melalui Ukraina, meskipun invasi Ibu Kota Rusia dimulai pada Februari 2022 lalu selanjutnya konflik militer itu menjadi yang tersebut terbesar di area benua itu sejak Perang Bumi Kedua.

Menteri Luar Negeri Hongaria, Peter Szijjarto mengatakan, pengiriman gas dari Rusia ke Hongaria mengalir tanpa halangan melalui pipa TurkStream di area Laut Hitam. Namun minyak mentah bukan lagi ditransfer oleh Lukoil melalui Ukraina.