Bisnis  

MHU Berhasil Sulap Kolam Pascatambang Menjadi Sumber Air Bersih

MHU Berhasil Sulap Kolam Pascatambang Menjadi Informan Air Bersih

Infocakrawala.com – JAKARTA – PT Multi Harapan Utama (MHU), salah satu unit usaha dari MMS Group Indonesia (MMSGI) terus menggerakkan kegiatan yang tersebut berdampak segera bagi masyarakat. Salah satu upaya yang digunakan dijalankan untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) melalui proyek pompa hidram dengan tema ‘Reviving Hope: From Ekstraksi Void To A Clean Water’ untuk menyediakan sumber air bersih dalam Kalimantan Timur.

Program yang dimaksud masuk peringkat 10 pada turnamen SDG Innovation Accelerator For Young Professionals 2024 yang tersebut diselenggarakan Badan Investigasi lalu Inovasi Nasional (BRIN). Terpilihnya proyek hidram MHU kemudian MMSGI ke pada Grand Final SDGI Innovation Accelerator 2024 tak lepas dari kesesuaian acara pengembangan pada mengupayakan jadwal Tujuan Inisiatif Berkelanjutan.

“Pelaksanaan SDGI bertujuan untuk meningkatkan kemampuan lalu ketajaman bidang usaha para professional muda di memecahkan permasalahan lalu mengembangkan item atau layanan yang dimaksud menjawab tantangan global. Hal ini bukan cuma memberikan khasiat bagi perusahaan tempat merek bekerja namun juga seluruh pemangku kepentingan termasuk msyarakat di tempat sekitar opersional perusahaan, ujar Executive Director IGCN Josephine Satyono pada acara kompetisi SDG Innovation Accelerator For Young Professionals 2024, di area Grand Ballroom BRIN, Kamis (25/7/2024).

Dia menyatakan proyek pompa hidram ini bukan cuma menghadirkan solusi praktis untuk mengatasi hambatan ketersediaan air bersih pada wilayah pascatambang, tetapi juga memberdayakan warga lokal melalui teknologi mudah dan juga berkelanjutan. Void (kolam) pascatambang disulap menjadi wadah sumber air bersih sehingga memberikan faedah secara langsung untuk lebih banyak dari 2.000 warga di tempat tiga Desa pada Kalimantan Timur.

Sementara itu direktur utama MMSGI Sendy Greti mengungkapkan rasa bangga melawan pencapaian dalam turnamen SDG Innovation Accelerator For Young Professionals 2024 pada keikutsertaannya yang mana pertama kali.

“Kami sangat bangga dapat berkontribusi pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan melalui proyek pompa hidram yang tersebut dapat membuktikan komitmen grup lalu anak usahanya untuk mampu memanfaatkan sumber daya lokal dengan cara yang digunakan inovatif kemudian berkelanjutan. Proyek pompa hidram ini adalah bukti nyata dari kekuatan kolaborasi juga inovasi. Kami berharap inisiatif ini dapat menjadi inspirasi bagi berbagai pihak untuk terus berinovasi di menghadapi tantangan lingkungan lalu sosial,” ujarnya.

SDG Innovation Accelerator For Young Professionals 2024 disertai total 16 kelompok dari 15 perusahaan yang merupakan anggota serta sub-anggota IGCN. Setiap pasukan terdiri dari talent-talent muda yang dimaksud mewakili berbagai jenis Organisasi dan juga sektor baik dari kalangnan BUMN maupun swasta yang digunakan turut andil pada inisiatif keberlanjutan.