Bisnis  

Putus Rantai Sandwich Generation bagi Milenial juga Gen Z lewat Literasi Keuangan

Putus Rantai Sandwich Generation bagi Milenial juga Gen Z lewat Literasi Keuangan

Infocakrawala.com – JAKARTA – Literasi keuangan bagi para Milenial lalu Generasi Z atau Gen Z sangat penting untuk memutuskan rantai ” sandwich generation “. Berdasarkan Sensus Penduduk Indonesia pada 2023, hampir 12% atau sekitar 29 jt penduduk Indonesia masuk kategori lansia.

Dalam sebuah studi dari Asian Development Bank (ADB) bertajuk “Aging Well in Asia” yang tersebut dirilis Mei 2024, bilangan ketergantungan hidup lansia di dalam Indonesia mencapai 50%. Angka yang dimaksud juga menunjukkan bahwa masih banyak lansia mengandalkan transaksi uang dari keluarga untuk kelangsungan hidupnya, khususnya dari anak.

Hal inilah yang digunakan menjadi dampak terbesar bertambah tingginya bilangan bulat generasi muda yang menjadi “sandwich generation” yaitu merekan yang digunakan harus menanggung hidup orang tua lalu anak sendiri bagi yang mana telah berkeluarga.

Menyadari kondisi itu kemudian di rangka HUT ke-68, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) mengadakan talk show bertajuk “Putuskan Rantai Sandwich Generation”. Bekerja sejenis dengan Financial Hospital (Finhos) dari LSPR, talk show yang digunakan dilaksanakan pada Minggu, 21 Juli 2024 dalam Menara Bank Danamon.

Sustainability Finance Head Danamon, Abdul Hadi mengatakan, acara ini merupakan bagian dari komitmen Danamon untuk terus menerapkan inisiatif kemudian strategi berkelanjutan. “Ini sebagai bagian dari komitmen Environmental, Social, and Governance (ESG) melalui berbagai aksi juga kolaborasi termasuk inisiatif CSR,” kata Abdul, Kamis (25/7/2024).

Melalui acara ini, lanjut dia, pihaknya fokus pada inisiatif literasi untuk semua yang tersebut menjangkau berbagai komunitas seperti pendidikan, UKM, pertanian, dan juga difabel.

Di sisi lain, Financial Hospital (Finhos) yang digunakan dibentuk oleh London School of Public Relations (LSPR) Ibukota Indonesia menjadi proyek perluasan literasi keuangan yang mengulik isu-isu terkini keuangan dalam masyarakat.

“Dengan antusiasme yang dimaksud sejenis pada meliterasi berbagai kalangan itulah kami berkolaborasi untuk menyelenggarakan talk show yang dimaksud dengan target kontestan sebanyak 150 orang dari berbagai komunitas Generasi Milenial juga Z,” ujarnya.