8 Ciri-ciri Batuk sebab Asam Lambung kemudian Cara Mengobatinya

8 Ciri-ciri Batuk sebab Asam Lambung kemudian Cara Mengobatinya

Infocakrawala.com – JAKARTA – Ciri-ciri batuk lantaran asam lambung kerap tidaklah diketahui sejumlah orang. Batuk sendiri memang sebenarnya dianggap sebagai gejala flu atau alergi. Namun, kondisi ini juga bisa saja menjadi pertanda penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

GERD terjadi ketika katup esofagus bagian bawah (LES) melemah, sehingga asam lambung naik ke kerongkongan lalu mengiritasinya. Iritasi ini kemudian memicu refleks batuk untuk membersihkan kerongkongan.

Batuk yang dimaksud disebabkan oleh asam lambung memiliki ciri-ciri khusus yang dimaksud dapat membedakannya dari jenis batuk lainnya. Berikut adalah ciri-ciri batuk oleh sebab itu asam lambung dilansir dari Medical News Today, Rabu (24/7/2024).

8 Ciri-ciri Batuk sebab Asam Lambung kemudian Cara Mengobatinya

1. Batuk Kering atau Berdahak

Batuk ini biasanya tidak ada menghasilkan kembali dahak, atau cuma sedikit dahak bening.

2. Batuk Memburuk di dalam Waktu petang Hari

Asam lambung tambahan mudah naik ke kerongkongan pada waktu Anda berbaring, sehingga batuk biasanya lebih besar parah pada waktu malam hari atau ketika bangun tidur.

3. Batuk pasca Makan

Batuk mampu terjadi setelahnya makan, khususnya makanan berlemak, pedas, atau asam.

4. Batuk Kronis

Batuk yang digunakan berlangsung selama lebih tinggi dari delapan minggu tanpa adanya pemicu lain yang jelas. Batuk ini banyak kali tiada merespons terhadap obat batuk konvensional.

5. Disertai Simptom Lain

Batuk oleh sebab itu asam lambung kerap kali disertai dengan gejala lain seperti heartburn (sensasi panas pada dada), mual, muntah, rasa asam di tempat mulut, juga sakit tenggorokan.

6. Tren Mengganjal pada Tenggorokan

Sensasi seperti ada yang digunakan mengganjal atau mengiritasi tenggorokan. Kondisi ini disebabkan oleh iritasi asam lambung yang tersebut naik ke kerongkongan.

7. Suara Serak atau Hilang Suara

Asam lambung yang naik dapat mengiritasi pita suara, menyebabkan pernyataan serak atau hilang suara.

8. Nyeri Dada

Beberapa orang kemungkinan besar merasakan nyeri dada yang mirip dengan gejala serangan jantung. Nyeri ini disebabkan oleh iritasi pada kerongkongan akibat asam lambung.

Faktor Risiko Batuk sebab Asam Lambung

Beberapa faktor yang digunakan dapat meningkatkan risiko batuk oleh sebab itu asam lambung, antara lain: