Kemenparekraf Fasilitasi Pelaku Ekraf kemudian Industri Perjalanan Lewat Kenarok

Kemenparekraf Fasilitasi Pelaku Ekraf kemudian Industri Perjalanan Lewat Kenarok

Infocakrawala.com – TANGERANG – Kementerian Peluang Usaha Pariwisata lalu Perekonomian Kreatif (Kemenparekraf) menyelenggarakan Temu Bisnis Kemitraan Nasional Rantai Pasok (Kenarok) di dalam Mal Living World, Tangerang, Hari Jumat (26/7/2024). Acara ini dibuka oleh Menteri Perjalanan dan juga Perekonomian Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Sandiaga mengatakan, tujuan digelarnya Kenarok adalah untuk mempertemukan para pelaku sektor ekonomi kreatif (UMKM) dengan sektor pariwisata pada Banten. Hal ini guna menguatkan rantai pasok sektor pariwisata.

Rencananya, Kenarok akan diselenggarakan pada 26-28 Juli 2024, serta menghadirkan berbagai hasil perekonomian kreatif dari para pelaku UMKM di dalam seluruh wilayah Banten.

“Dengan mengucap Bismillahirohmanirohim, saya membuka kegiatan Kenarok Kemenparekraf di tempat provinsi Banten,” kata Sandiaga melalui sebuah video virtual.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga juga mengungkapkan, bahwa ritel memiliki keterkaitan yang sangat dekat dengan sektor dunia usaha kreatif. Salah satunya melalui wisata belanja.

Oleh dikarenakan itu, ia menilai, acara ini bisa jadi menjadi jembatan bagi sebagian sektor sektor ekonomi kreatif untuk meningkat dengan memajukan sektor pariwisata serta kegiatan ekonomi kreatif di dalam Indonesia.

“Ritel ini miliki keterkaitan yang digunakan sangat dekat dengan ekonomi kreatif. Dan pariwisata juga bergabung memiliki peran berbentuk wisata belanja. Kenarok ini adalah upaya kita untuk mensinergikan kemungkinan kedua lapangan usaha ini agar sama-sama tumbuh,” jelasnya.

Pembukaan Kenarok juga dihadiri secara langsung oleh Direktur Manajemen Industri Kemenparekraf Syaifullah Agam lalu Kepala Dinas Perjalanan Provinsi Banten H. Al Hamidi.