Bisnis  

Proyek Rice Cooker Gratis Dilanjutkan, Telan Anggaran SebesarRp182 Miliar

Proyek Rice Cooker Gratis Dilanjutkan, Telan Anggaran SebesarRp182 Miliar

Infocakrawala.com – JAKARTA – Kementerian Daya juga Sumber Daya Mineral (ESDM) menjamin untuk melanjutkan acara bagi-bagi rice cooker atau alat masak berbasis listrik (AML) gratis. Inisiatif itu menelan anggaran sekitar Rp182 miliar di area 2024.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jisman P Hutajulu mengungkapkan, pihaknya juga telah mulai menyiapkan data penerima AML yang dimaksud lalu diharapkan akan selesai di area Oktober 2024 mendatang.

“AML ini, kita akan teruskan. Semoga tak lama lagi telah ada review anggarannya untuk 137.000 (penerima), kalau nggak salah (anggaran) Rp182 miliar, itu akan diteruskan tahun ini kemudian datanya ya kita sudah ada mulai disiapkan juga berharap sih pada bulan 10 sudah ada selesai,” terang Jisman pada Jakarta, Rabu (31/7/2024).

Dikatakan Jisman, dilanjutkannya acara ini akibat terbukti memberikan beberapa manfaat. Sehingga pihaknya juga sudah ada menghitung jumlah agregat AML yang akan kembali dibagikan pada 2024 ini.

“Jadi ada 130 ribu sekian yang sebab sudah ada kita hitung manfaatnya juga inisiatif itu bermanfaat serta telah ada laporannya, ada kenaikan loh. Artinya ada penurunan emisi lebih banyak bersih, lebih besar mengoptimalkan listrik, yang digunakan ketiga. tiada kalah hebatnya adalah kita kan impor LPG. Jadi ada tiga, bersih, optimalkan listrik, serta menurunkan impor,” papar Jisman.

Jisman bilang, dirinya juga sudah ada melaporkan hal ini untuk Kementerian Keuangan sebagai dasar penilaian berhasil tidaknya kegiatan AML ini. Pihaknya juga akan kembali melakukan bidding atau lelang untuk perusahaan AML terkait merek yang mana akan disalurkan ke masyarakat.

“Nah pasca kita lihatkan angkanya merekan telah mengiyakan, sehingga alat masak listrik (AML) ini yang rice cooker ini, AML ini, kita akan teruskan,” tambahnya