Manggung di area Suara Festival 2024, RamenGvrl: Kerjasama adalah Kunci!

Manggung di area area Suara Festival 2024, RamenGvrl: Kerjasama adalah Kunci!

Infocakrawala.com – BALI – Rapper juga penyanyi hiphop Indonesia, RamenGvrl , mengaku sangat termotivasi untuk memperluas kolaborasi setelahnya manggung di area Suara Festival 2024 pada kawasan kreatif Nuanu, Wilayah Tabanan, Bali, akhir pekan lalu.

Menurut dia, atmosfer di dalam Nuanu yang dimaksud menekankan pada kolaborasi seni dan juga budaya lintas batas cocok untuk proses kreatif sekaligus mengembangkan komunitas hiphop pada Indonesia. “Di di lokasi ini ekosistemnya sangat mendukung. Saya mengamati potensi besar untuk berkolaborasi dengan musisi juga seniman di dan juga luar negeri,” tutur pelantun Look at Me Now ini.

RamenGvrl mengaku sempat meninjau Labyrinth Collective, semacam kompleks sanggar di area Nuanu bagi para seniman lintas genre yang mana terdiri melawan pusat retret untuk mengeksplorasi kreativitas, studio, ruang serbaguna, workshop, galeri seni hingga penginapan.

“Studionya keren. Dikelilingi alam tepi pantai yang cocok menjadi wadah temu komunitas untuk kolaborasi serta menggali inspirasi,” kata perempuan bernama asli Putri Estiani ini.

Dia memandang, kolaborasi dan juga komunitas merupakan kunci utama di berkarya lalu mengembangkan hiphop di dalam Indonesia. Di mancanegara, termasuk Malaysia, lanjut RamenGvrl, para musisi lalu penggemar hiphop meningkat dengan pada komunitas. Mereka saling memperkuat sehingga popularitas genre musik ini naik dengan cepat pesat.

“Lanskap hiphop Indonesia pemainnya banyak lalu bagus-bagus tapi platform-nya masih kurang mendukung. Kalau jalan bareng, semua prosesnya tentu akan lebih besar cepat,” tegas penyanyi yang tersebut akan merilis album studio keduanya pada September 2024 mendatang ini. Di album ini, RamenGvrl berkolaborasi pula dengan banyak musisi di negara lain kemudian pada negeri.

Saat tampil pada panggung utama Suara Festival 2024 pada Sabtu, 27 Juli 2024 malam, RamenGvrl pun menggandeng beberapa jumlah artis. Di antara 12 lagu yang digunakan dibawakan, terdapat penggalan “Xtra McNasty”, single kolaborasinya dengan musisi Korea Selatan, Jay Park, serta tujuh penyanyi hiphop ternama dari berbagai negara yang tersebut baru dirilis sehari sebelumnya.