Kemenparekraf Berhasil Bawa Keindahan Budaya Nusantara ke F8 Makassar 2024

Kemenparekraf Berhasil Bawa Keindahan Budaya Nusantara ke F8 Makassar 2024

Infocakrawala.com – MAKASSAR – Kementerian Peluang Usaha Pariwisata kemudian Perekonomian Kreatif (Kemenparekraf) sukses menyelenggarakan Makassar International Eight Festival and Diskusi (F8 Makassar) 2024. Menampilkan keindahan lalu kekayaan budaya nusantara, acara ini diselenggarakan pada 24-28 Juli 2024 dalam Anjungan Pantai Losari.

F8 Makassar yang digunakan berlangsung meriah ini menjadi turnamen konferensi berbagai elemen budaya dari seluruh penjuru Indonesia. Termasuk menghadirkan beragam atraksi seni, kuliner, kemudian kerajinan tangan khas daerah.

Pembukaan F8 Makassar dilaksanakan dalam Tugu MNEK Kawasan CPI pada Rabu, 24 Juli 2024. Menteri Perjalanan kemudian Sektor Bisnis Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yang diwakili oleh Staf Ahli Menteri Lingkup Inovasi Kreativitas Kemenparekraf Restog Krisna Kusuma membuka F8 Makassar.

“Tema Unity yang tersebut diangkat F8 Makassar tahun ini, yaitu semangat untuk menunjukkan kekayaan serta kekuatan bangsa Indonesia sebagai wujud persatuan pada keberagaman menuju Indonesia emas 2045,” kata Restog pada siaran resminya dikutipkan Selasa (30/7/2024).

Acara ini dirancang untuk menunjukkan kekayaan juga kekuatan Indonesia sebagai bentuk persatuan dan juga kemajuan negara melalui penyelenggaraan delapan festival unggulan. Di antaranya adalah food, fashion, fusion music, film, fine art, fiction writers, folks, dan juga flora fauna.

Restog menyampaikan apresiasinya terhadap otoritas Daerah (Pemda) Makassar pada penyelenggaraan F8 tahun ini. Konsistensi ini menunjukkan adanya semangat pengembangan sektor pariwisata serta dunia usaha kreatif di tempat area pelaksana event.

“Saya harap, Pemda Makassar dapat mengolah peluang pariwisata juga ekonomi kreatifnya dengan bijak dan juga menumbuhkan rasa bangga masyarakatnya akan kekayaan alam, tradisi, dan juga budayanya untuk melestarikan kemudian mengembangkan sebaik-baiknya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Wali Pusat Kota Makassar Moh Ramdhan Danny Pomanto mengungkap bahwa pelaksanaan F8 Makassar telah lama berhasil mengubah wajah kota tersebut. Ia menambahkan, turnamen berskala internasional ini juga membuktikan bahwa talenta anak-anak Makassar setara dengan seniman kelas dunia.