Bisnis  

Kisah Menjadi Entrepreneur: Menghadapi Kesendirian untuk Menemukan Kekuatan Diri

Kisah Menjadi Entrepreneur: Menghadapi Kesendirian untuk Menemukan Kekuatan Diri

Infocakrawala.com – JAKARTA – Dalam dunia kewirausahaan , kerap kali kita mengawasi kesuksesan yang mana gemilang juga keberadaan serba mewah. Namun di tempat balik gemerlap tersebut, ada perjalanan panjang yang digunakan penuh dengan kesendirian kemudian tantangan.

Seorang entrepreneur tiada hanya saja harus menghadapi persaingan industri yang tersebut ketat, tetapi juga harus terus-menerus berjuang secara mandiri di menemukan solusi dari setiap kesulitan yang mana dihadapi.

Kehidupan orang entrepreneur rutin kali penuh dengan malam-malam panjang pada kegiatan usaha mereka, terpencil dari keluarga kemudian teman. Mereka harus menciptakan langkah besar yang dimaksud mampu mengubah arah kegiatan bisnis merekan tanpa ada jaminan keberhasilan.

Bahkan ketika merekan dikelilingi oleh pasukan lalu karyawan, seringkali perasaan kesendirian tetap memperlihatkan ada. Tak jarang dia merasa terisolasi akibat dari keputusan-keputusan yang mana diambil.

Dampak Psikologis Entrepreneurship: Fakta serta Angka Terbaru

Kesuksesan pengusaha perusahaan kerap identik dengan kekayaan materi, peningkatan kegiatan bisnis dan juga pengakuan umum yang mana rutin kali dipandang sebagai pencapaian gemilang lalu menjadi kebanggaan setiap entrepreneur. Namun, pada kenyataannya narasi kesuksesan ini rutin kali mengabaikan aspek lain yang mana tak kalah penting, seperti tantangan kemudian tekanan mental yang dimaksud dapat menghambat produktivitas para entrepreneur muda.

Menurut sebuah penelitian yang digunakan dipublikasikan dalam Small Business Economics pada tahun 2023, terdapat sekitar 72% entrepreneur melaporkan bahwa merek mengalami gangguan kondisi tubuh mental, seperti kecemasan, depresi, kemudian stres kronis.

Laporan dari Harvard Business Review di dalam tahun yang mana mirip mengungkapkan, bahwa entrepreneur dua kali tambahan mungkin saja untuk mengalami depresi dibandingkan dengan pekerja umum. Selain itu data dari Global Entrepreneurship Monitor (GEM) 2023 juga menunjukkan meskipun tingkan kepuasan hidup entrepreneur cenderung lebih besar tinggi, tingkat stres kemudian kecemasan juga meningkat signifikan melebihi populasi umum.

Menjadi pelaku bisnis di dalam usia muda bukanlah hal yang dimaksud mudah, tak jarang entrepreneur gagal bertahan pada menjalani proses merintis bisnis. Terlebih, ketika mereka itu dihadapi oleh berbagai gejolak yang menyebabkan usaha tidak ada stabil, tentu akan menciptakan entrepreneur merasakan stress dan juga rentan terhadap hambatan kebugaran mental.

Stres juga Kesepian : Sisi Gelap Entrepreneur Hadapi Tekanan Psikologis

Ria Andriana, Pendiri Street Sushi Indonesia, alumni DSC Season 14 ini menuturkan sisi gelap yang mana dirasakannya selama menjadi entrepreneur. Rasa kesepian (loneliness) juga stress paling banyak ia rasakan kemudian terkadang membuatnya ingin menyerah dengan bisnisnya.

“Menjadi entrepreneur harus memikirkan semuanya sendirian, memutuskan segala sesuatunya sendiri, benar-benar merasa sendirian dan juga bikin stress,” ujarnya.