Bisnis  

Sucofindo Apresiasi 156 Pelaku Usaha dan juga 15 Local Hero pada ENSIA 2024

Sucofindo Apresiasi 156 Pelaku Usaha juga juga 15 Local Hero pada ENSIA 2024

Infocakrawala.com – JAKARTA – PT Sucofindo memberikan apresiasi terhadap 156 pelaku usaha, dan juga 15 local hero berhadapan dengan pengembangan sosial kemudian lingkungan pada acara Environmental and Social Innovation Award (ENSIA) tahun 2024 di area Bali, Rabu (31/7) lalu. Para penerima penghargaan yang disebutkan dipilih dari 756 pendaftaran paper aspek pembaharuan lingkungan dan juga sosial dan juga 60 nominasi local hero.

“Kami mengapresiasi PT Sucofindo dan juga para pelaku usaha yang telah dilakukan menerapkan efisiensi terhadap pengelolaan keseimbangan antara lingkungan, ekonomi, dengan sosial. Hal ini sebagai bentuk komitmen perhatikan perusahaan melawan pembaharuan iklim, penanganan lingkungan hidup,” kata Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan juga Kehutanan Alue Dohong yang tersebut hadir di dalam acara tersebut, melalui siaran pers, Hari Sabtu (3/8/2024).

Alue berharap, ke depannya para pelaku perniagaan yang digunakan menerima penghargaan dapat memberikan lalu menciptakan perubahan secara berkelanjutan. Pada acara tersebut, Alue Dohong juga menyambut baik diadopsinya tema Green Leadership Proper Emas, yaitu Pengentasan Kemiskinan, Pengurangan Kesenjangan, Pemberdayaan Perempuan, Sistem Pangan yang digunakan Optimal untuk Individu lalu Ekosistem, dan juga Transisi ke Energi Bersih sebagai kategori untuk para penerima penghargaan local hero inspiratif penggerak perubahan sosial.

“Adanya penghargaan terhadap local hero inspiratif penggerak pembaharuan sosial pada ENSIA tahun ini merupakan langkah baik. Semoga penghargaan yang digunakan diterima akan memotivasi para local hero untuk terus mengembangkan pembaharuan sosial secara berkelanjutan,” ujarnya.

Pada kesempatan yang digunakan sama, Direktur Utama PT Sucofindo Jobi Triananda mengungkapkan bahwa penghargaan ini sejalan dengan dukungan perusahaan terhadap kegiatan KLHK. Penghargaan ini menurutnya merupakan bukti komitmen PT Sucofindo pada menggalang kegiatan unggulan KLHK pada Proyek Penilaian Peringkat Prestasi Perusahaan pada Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER).

Jobi menambahkan, bahwa ENSIA juga menjadi wadah terbuka bagi komitmen para inovator lingkungan juga sosial pada menerapkan upaya penurunan emisi karbon, dan juga pemberdayaan masyarakat. “Untuk penurunan emisi, ENSIA 2024 mengusung konsep rendah emisi atau mengadaptasi Mice Sustainability, pada mana PT Sucofindo menghitung karbon footprint menghadapi emisi yang tersebut dihasilkan pada acara ENSIA 2024, dan juga melakukan carbon offsetting melalui pembelian Sertifikasi Pengurangan Emisi di dalam PT Bursa Efek Indonesia,” paparnya.

Perhelatan ENSIA telah dilakukan terlaksana sejak tahun 2022 lalu saat ini memasuki tahun ke-3. Adapun penghargaan ENSIA 2024 yang tersebut diberikan, terdiri dari 7 topik perubahan lingkungan dan juga sosial, meliputi efisiensi energi, penurunan emisi, pengurangan limbah B3, 3R limbah padat non B3, efisiensi air kemudian penurunan beban pencemaran, proteksi keanekaragaman hayati, juga perubahan sosial. Masing-masing topik yang dimaksud terbagi menjadi 3 kategori, yaitu penghargaan platinum, gold lalu silver.

Pada kategori lainnya, menghadirkan pemenang kategori Best of The Best yang diberikan untuk partisipan yang mana berhasil meraih poin paling tinggi berdasarkan jumlah agregat perolehan kategori platinum, gold, silver, dan juga local hero inspiratif. Kemudian, untuk kategori pemenang Top 4 untuk Best Participant didasarkan hasil keikutsertaan terbanyak, baik di kategori pembaharuan sosial, lingkungan, maupun local hero.