5 Perwira Polisi Pecah Bintang usai Mutasi Polri, Paling Muda Lulusan Akpol 1996

5 Perwira Polisi Pecah Bintang usai Mutasi Polri, Paling Muda Lulusan Akpol 1996

Infocakrawala.com – JAKARTA – Sejumlah Perwira Polisi pecah bintang pasca masuk di mutasi Polri pada akhir Juli 2024. Salah satu di area antaranya merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1996.

Mutasi Polri yang dimaksud tertuang di Surat Telegram dengan Nomor ST/1554/VII/KEP/2014 yang ditandatangani Asisten Kapolri Sektor Sumber Daya Individu (ASDM) Irjen Pol Dedi Prasetyo juga ditetapkan pada 26 Juli 2024. Total sebanyak 157 perwira Polri dirotasi hingga iklan jabatan.

“Mutasi pada lingkup Polri pada rangka promosi, masa purna, tour of area, lalu kapolda,” kata Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko dikutip, Selasa (30/7/2024).

Dari beratus-ratus perwira yang dimaksud dimutasi, beberapa dalam antaranya pecah bintang atau meraih pangkat bintang 1 (Brigadir Jenderal/Brigjen) akibat menduduki jabatan baru di area Korps Bhayangkara. Siapa hanya mereka?

5 Perwira Pecah Bintang Usai Mutasi Polri

1. Kombes Pol Eddy Djunaedi SIK

5 Perwira Polisi Pecah Bintang usai Mutasi Polri, Paling Muda Lulusan Akpol 1996

FOTO/INSTAGRAM KORLANTAS POLRI

Eddy Djunaedi diangkat menjadi Widyaiswara Kepolisian Utama TK II Sespim Lemdiklat Polri di mutasi Polri akhir Juli 2024. Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1993 itu menggantikan Brigjen Pol Uden Kusuma Wijaya.

Tentara kelahiran Magetan, 25 Desember 1970 yang disebutkan memiliki pengalaman pada berbagai jabatan. Antara lain Kasat Lantas Polres Manokwari (1997), Wakapolres Tanjabar Polri (2005), Kapolres Aceh Barat Daya (2008), Kapolres Gayo Lues (2010).

Selanjutnya pada 2011, Eddy Djunaedi dimutasi menjadi Kapolres Ngawi, Dirlantas Polda Sumbar (2015), Dirlantas Polda Kaltim, Dirlantas Polda Jabar (2019), lalu Kabagops Korlantas Polri (2022). Setelah lama menanti, Eddy akhirnya meraih pangkat bintang 1 usai dipromosikan menjadi Widyaiswara Kepolisian Utama TK II Sespim Lemdiklat Polri pada akhir Juli 2024.

2. Kombes Pol Langgeng Purnomo

5 Perwira Polisi Pecah Bintang usai Mutasi Polri, Paling Muda Lulusan Akpol 1996

FOTO/IST

Langgeng Purnomo juga termasuk di deretan perwira polisi yang digunakan pecah bintang. Karo SDM Polda Metro Jaya itu diangkat menjadi Karobinkar SSDM Polri menggantikan Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo.

Berdasarkan catatan yang dimaksud diperoleh, Langgeng telah beberapa kali menjabat Kabiro SDM di tempat beberapa kepolisian daerah. Lulusan Akpol 1995 ini pernah menjadi Kabiro SDM Polda Kalimantan Barat juga Kabiro SDM Polda Banten.

Dia juga pernah menjabat Kapolres Klaten juga Kapolres Grobogan. Kemudian, Langgeng menempati Sekretaris 1 Ikatan Keluarga Patria Tama (Ikatama). Patria Tama adalah nama Batalyon Taruna alumni Akpol 1995. Saat menjabat Kabiro SDM Polda Kalbar, ia mencetuskan Rencana Polda Kalbar Belajar dengan tujuan utama meningkatkan kapasitas dan juga kapabilitas anggota Polri agar sejalan dengan dinamika pada lapangan secara cepat serta akurat.

Melalui kegiatan tersebut, Amin berharap adanya penguatan anggota Polri agar lebih lanjut berkompeten juga profesional pada mengemban tugas kepolisian, yakni memelihara keamanan kemudian ketertiban, memberikan perlindungan, pengayoman, juga pelayanan masyarakat.