Hendarsam: Anies Tak Memerlukan Partai, Biarkan Berlaga dengan Caranya Sendiri

Hendarsam: Anies Tak Memerlukan Partai, Biarkan Berlaga dengan Caranya Sendiri

Infocakrawala.com – JAKARTA – Ketua Umum Advokat Lingkar Nusantara (Lisan) Hendarsam Marantoko menilai Anies Baswedan seolah tak membutuhkan partai. Dia berpendapat, seharusnya Anies percaya diri forward sebagai calon gubernur (cagub) Ibukota melalui jalur independen atau perseorangan.

“Anies sebegitu percaya diri dengan popularitasnya, seolah tak membutuhkan partai. Bahkan paradigmanya terbalik, partailah yang tersebut butuh Anies. Jika seperti itu, harusnya Anies percaya diri maju dari jalur independen,” kata Hendarsam pada keterangannya, Hari Sabtu (10/8/2024).

Menurutnya, para partai kebijakan pemerintah (parpol) masih miliki berbagai kader yang digunakan memiliki kapabilitas untuk menjadi kepala daerah, kader berkualitas, serta eligible. Sehingga, partai seharusnya bukan butuh Anies belaka untuk menang.

Dia menuturkan, parpol harus berani mengorbitkan kadernya sendiri atau bukan membantu kader dari partai lain. Hal tersebut, menurut dia, berjauhan lebih besar bernilai daripada mengusung individu tanpa identitas serta jangan biarkan ada elite yang dimaksud merasa lebih tinggi besar dari partai politik.

“Anies tidaklah memerlukan partai, biarkan ia berlaga dengan metode sendiri. Itu penting untuk menguji kualitas demokrasi kita. Hal ini ketika yang mana tepat untuk kita kembalikan ideologi dan juga identitas kebijakan pemerintah lebih tinggi bernilai dari sekadar popularitas,” ungkapnya.

Lebih lanjut beliau mengatakan, Indonesia memerlukan parpol yang digunakan dapat berperan sebagai pilar demokrasi berkualitas. “Ini saatnya kita kembalikan lagi peran partai kebijakan pemerintah sebagai pilar demokrasi berkualitas. Tanpa gimik, kemudian tanpa jebakan popularitas,” pungkasnya.