Bisnis  

Kelola 1.400 Metrik Ton Sampah Plastik, AQUA Kurangi Emisi Karbon 2,2 Juta Kilogram

Kelola 1.400 Metrik Ton Sampah Plastik, AQUA Kurangi Emisi Karbon 2,2 Juta Kilogram

Infocakrawala.com – GRESIK – Upaya mengempiskan sampah plastik dijalankan PT Tirta Investama ( AQUA ) bermitra dengan PT Khazanah Hijau Indonesia (Rekosistem) dengan mengatur 1.400 metrik ton sampah kemasan dan juga botol plastik di tempat Gresik.

Kemitraan ini ditandai dengan penandatanganan MoU oleh Sustainable Development Director Danone Indonesia, Karyanto Wibowo dengan Ernest C. Layman selaku ketua eksekutif & Co-founder Rekosistem, disaksikan Kepala Lingkup di area Dinas Lingkungan Hidup Pusat Kota Surabaya serta Dinas Lingkungan Hidup Daerah Gresik, juga pejabat pemerintahan pada wilayah setempat.

Kemitraan ini mengakumulasi lalu mendaur ulang sampah kemasan untuk membantu ekonomi sirkular kemudian tanggung jawab produsen yang dimaksud Diperluas (EPR/Extended Producer Responsibility). Seremoni ditutup dengan kunjungan lapangan ke Fasilitas Pemulihan Material Reko Hub di area Driyorejo.

Pengumpulan 1.400 ton metrik sampah plastik di acara ini memiliki prospek penghematan karbon emisi hingga 2,2 jt kilogram karbon dari inisiatif daur ulang sehingga menurunkan ketergantungan pada pemanfaatan virgin plastic.

“Surabaya merupakan kota kedua terbesar di area Indonesia yang digunakan mempunyai permasalahan-permasalahan yang digunakan mirip dengan kota lain, khususnya pada menangani permasalahan limbah sampah. Setiap hari kota Surabaya menciptakan sampah yang digunakan pembuangannya tersebar pada TPA, TPA3R kemudian beberapa bank sampah. Bekerjasama AQUA dan juga Rekosistem ini adalah implementasi konkrit dari EPR yang dimaksud menjadi alternatif solusi untuk menghurangi beban yang menumpuk di dalam Surabaya lalu kota-kota penyangganya,” ucap Kepala Area Sarana, Prasarana serta kemudian Pemanfaatan Limbah Dinas Lingkungan Hidup Pusat Kota Surabaya, Mohamad Amin.

Sejak 1993, AQUA sudah pernah menginisiasi kegiatan untuk mengoleksi kembali juga mendaur ulang sampah botol plastik pascakonsumsi dengan mengembangkan Inisiatif AQUA Peduli. Berlanjut pada 2018, AQUA meluncurkan #BijakBerplastik, yang merupakan bentuk komitmen membantu Aksi Indonesia Bersih dan juga untuk mencapai ambisi “Recover more than we use” (mengumpulkan kemasan tambahan berbagai dari yang tersebut dihasilkan).

Sustainable Development Director Danone Indonesia, Karyanto Wibowo mengatakan, bahwa AQUA terus-menerus berinovasi dengan menempatkan konsumen sebagai prioritas utama lalu mengedepankan dampak pada lingkungan.

“Kami berjanji menghadirkan kebugaran melalui hasil berkualitas sekaligus berkontribusi positif untuk warga dan juga lingkungan, sejalan dengan strategi keberlanjutan perusahaan Danone Impact Journey,” kata Karyanto.