Bisnis  

Sinergi Akselerasi Swasembada Gula Nasional

Sinergi Akselerasi Swasembada Gula Nasional

Infocakrawala.com – JAKARTA – Dua anak perniagaan Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), yakni PTPN I dan juga PT Sinergi Gula Nusantara (SugarCo) melakukan penandatanganan kerja identik operasi (KSO) di tempat sektor on farm dan juga off farm guna memaksimalkan kinerja perusahaan.

Perjanjian kerja sejenis itu ditandatangani Direktur Utama PT SGN Mahmudi dan juga Direktur Utama PTPN I Teddy Y. Danas, dan juga disaksikan oleh Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), M. Abdul Ghani, di dalam Jakarta, Hari Jumat (9/8/2024).

M. Abdul Ghani menyampaikan, integrasi industri tebu antara on farm lalu off farm akan menjaga keseimbangan plant cane juga ratoon, penentuan jadwal tanam juga panen yang tepat menjadi kunci untuk mencapai produksi gula yang digunakan optimal.

“Ini merupakan tonggak sejarah, sebagai langkah perubahan fundamental untuk mempercepat swasembada gula konsumsi pada tahun 2028,” ujarnya.

Integrasi antara on farm lalu off farm memberikan beberapa keunggulan, seperti standardisasi yang tersebut lebih tinggi baik pada pengelolaan on farm baik secara teknis maupun non-teknis, efisiensi biaya on farm yang dimaksud lebih besar tinggi dengan skala pengerjaan yang dimaksud tepat.

Lalu peningkatan efisiensi rantai pasok dengan penjadwalan tebang, muat, angkut (TMA) yang dimaksud diselaraskan, dan juga pemanfaatan nilai tambah hasil samping secara menyeluruh.

Tanggung jawab dari holding perkebunan juga dukungan dari pemerintah menjadi faktor krusial pada proses perubahan fundamental ini. Perannya tidak ada hanya saja sebagai motor penggerak, tetapi juga pengawal proses perubahan struktural agar tetap saja berada di tempat jalur yang mana tepat sesuai dengan rencana strategis yang digunakan sudah ditetapkan.