Nova Arianto Ungkap Persyaratan Pemain Timnas Indonesia yang dimaksud Diinginkan Shin Tae-yong: Punya IQ Tinggi!

Nova Arianto Ungkap Persyaratan Pemain Timnas Indonesia yang mana dimaksud Diinginkan Shin Tae-yong: Punya IQ Tinggi!

Infocakrawala.com – Nova Arianto mengungkapkan kriteria pemain Timnas Indonesia yang mana diinginkan Shin Tae-yong . Dalam sebuah kesempatan, ia menjelaskan apabila ahli dengan syarat Korea Selatan itu menginginkan pemain yang digunakan miliki Intelligent Quotient (IQ) atau indikator kecerdasan yang digunakan tinggi.

Nova Arianto sudah ada lama bekerja sama-sama Shin Tae-yong. Pria yang tersebut juga menjabat sebagai pembimbing Timnas Indonesia U-17 itu paham betul dengan keinginan dan juga kriteria juru taktik jika Korea Selatan tersebut.

Nova mengungkapkan, salah satu keinginan STY adalah mengasuh penggawa dengan IQ tinggi. Nova membeberkan, pemain dengan tingkat kecerdasan tinggi akan mudah untuk menerima arahan.

“Kalau kecerdasan ini yang tersebut terus-menerus coach Shin sampaikan. Sepak bola sekarang membutuhkan orang-orang yang mana cerdas. Karena Analisa coach Shin disaat beliau melatih, disaat beliau dalam lapangan ‘wah pemain ini nih kayaknya (maaf) IQ-nya kurang tinggi-lah’. Menurut coach Shin, pemain harus mempunyai IQ yang tinggi agar apa? Agar pada waktu ia menerima masukkan atau arahan dari pembimbing ia dapat paham,” ungkap Nova di kanal Youtube Arya Sinulingga, Hari Minggu (11/8/2024).

Nova kemudian mengisahkan satu momen ketika ada pemain yang tersebut tak sesuai dengan kriteria Shin. Mantan pemain Persib Bandung itu mengatakan, pemain ini sulit menerima arahan atau masukkan ketika pertandingan. Akibatnya, hal ini berpengaruh pada pola permainan tim.

“Dan akhirnya ada beberapa pemain ya, saya tak bisa jadi menyebut. Ada si A ‘coach coba cek ini IQ-nya berapa’. Kebetulan kami punya staf untuk mengecek IQ penggawa tersebut. Akhirnya setelahnya dilihat ‘tuh kan ini masuknya (rendah)’,” kata Nova.

“Pemain itu ketika dimarahi malah makin nge-blank, panik dia,” imbuhnya.

Walau begitu, Nova menyatakan Shin tetap memperlihatkan memperbolehkan pemain itu menyelesaikan pertandingan bersatu Timnas Indonesia. Namun, Nova mengungkapkan Shin tidak ada memberikan arahan lagi terhadap pemain itu.