Yenny Wahid Minta Panjat Tebing Lebih Diperhatikan: Jangan Cuma Ucapan

Yenny Wahid Minta Panjat Tebing Lebih Diperhatikan: Jangan Cuma Ucapan

Infocakrawala.com – PARIS – Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia ( FPTI ), Yenny Wahid, melontarkan kode untuk memohonkan bonus pasca atletnya, Veddriq Leonardo, berhasil menyabet medali emas di dalam Olimpiade 2024. Dia berharap tak semata-mata sekadar ucapan selamat yang didapatnya juga Veddriq pasca pulang ke Indonesia.

Terlebih lagi menurutnya, prestasi yang tersebut didapat Veddriq tidaklah main-main, melainkan penghargaan juara di area pesta olahraga terakbar di dalam dunia. Hal itu diungkapkannya di konferensi pers secara daring dari Paris, Prancis, Hari Sabtu (10/8/2024).

“Karena ini ajangnya adalah kompetisi Olimpiade, nanti kalau sudah ada pulang ke Indonesia, dikarenakan ajangnya tidak kompetisi kawinan, kita harapkan tidak cuma ucapan yang mana kita dapatkan,” kata Yenny.

Veddriq berhasil menyabet medali emas Olimpiade 2024 pada cabang olahraga (cabor) panjat tebing nomor speed putra di final yang mana dijalankan pada Kamis, 8 Agustus 2024 lalu pada Le Bourget Climbing Venue, Paris, Prancis. Dia menjadi juara setelahnya mengalahkan delegasi China, Wu Peng, di dalam partai puncak dengan waktu 4,75 detik, unggul 0,02 detik semata dari rivalnya itu.

Ini menjadi kali pertama nomor speed cabor panjat tebing dipertandingkan secara terpisah di tempat turnamen Olimpiade. Sebelumnya sampai Tokyo 2020 lalu, nomor speed masih disatukan dengan dua nomor lainnya yakni lead kemudian boulder.

Kesuksesan Veddriq pun membuahkan medali emas pertama dari cabor panjat tebing untuk Indonesia di kompetisi empat tahunan itu. Yenny pun sangat bangga dengan prestasi atlet dengan syarat Pontianak itu akibat telah dilakukan menorehkan sejarah di dunia olahraga Tanah Air pada pentas internasional.

“Buat kita ini sebuah momen yang digunakan sangat bersejarah, lantaran ini buat panjat tebing, menjadi pertama yang dimaksud dipertandingkan di tempat Olimpiade. Kemudian atlet kita bisa saja bertanding, malah Veddriq pertama berjuang sanggup mempersembahkan medali emas,” jelas Yenny.

“Untuk catatan kita semua, Veddriq memberikan hadiah luar biasa untuk Indonesia, oleh sebab itu catatan waktunya angkanya (4,75 detik), kalau digabungkan itu angkanya 79, jadi bilangan untuk HUT RI yang tersebut ke-79,” pungkasnya.