Sandiaga Hadiri Festival Budaya Lembah Baliem di dalam Papua

Sandiaga Hadiri Festival Budaya Lembah Baliem di area pada Papua

Infocakrawala.com – PAPUA – Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) 2024 sukses dijalankan di area Wilayah Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan. Acara ini kemudian ditutup oleh Menteri Wisata lalu Sektor Bisnis Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno pada 9 Agustus 2024.

Sandiaga menjadi Menteri Wisata pertama yang hadir segera dalam Festival Budaya Lembah Baliem di 32 tahun penyelenggaraannya.

“Atas nama Presiden, saya sangat antusias menyapa secara langsung warga juga mengawasi budaya yang tersebut ada,” kata Sandiaga ketika menyembunyikan Festival Budaya Lembah Baliem di area Wosi, Wamena, Daerah Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan pada Jumat, 9 Agustus 2024.

“Maka dengan penuh rasa syukur, saya nyatakan Festival Budaya Lembah Baliem ke-32 secara resmi ditutup,” sambungnya.

Festival ini menampilkan ragam adat serta budaya dari lima suku besar di tempat Lembah Baliem. Termasuk atraksi konflik suku, tari-tarian, dan juga kerajinan tangan tradisional.

Dalam penyelenggaraannya, Festival Budaya Lembah Baliem telah lama menarik tambahan dari 15 ribu pengunjung serta diharapkan terus meningkat, melebihi 50 ribu pengunjung pada tahun sebelumnya.

Festival Budaya Lembah Baliem juga terpilih sebagai salah satu dari 10 acara terbaik di dalam Indonesia pada Karisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Perjalanan lalu Perekonomian Kreatif (Kemenparekraf).

“Saya ucapkan terima kasih kemudian saya ucapkan selamat untuk terpilihnya Festival Budaya Lembah Baliem menjadi top 10 event terbaik di tempat Indonesia pada Karisma Event Nusantara,” jelas Sandiaga.