Bareng SBY, Menhan Prabowo Bakal Hadir di tempat Peringatan 19 Tahun Tsunami Aceh

Bareng SBY, Menhan Prabowo Bakal Hadir di dalam tempat Peringatan 19 Tahun Tsunami Aceh

Infocakrawala.com – Menteri Perlindungan RI Prabowo Subianto akan berkegiatan bareng dengan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di tempat Aceh. Keduanya akan hadir di acara peringatan keras tsunami Aceh.

Agenda Prabowo yang dimaksud dibenarkan Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid. Nusron menegaskan penampilan Prabowo pada acara yang dimaksud dengan kapasitasnya sebagai Menhan.

“Ya betul. Besok pada kapasitas sebagai Menhan bersatu Presiden ke-6 SBY, ada acara di area Aceh. Acara betul peringatan tegas 19 tahun Tsunami Aceh,” kata Nusron terhadap wartawan, Awal Minggu (25/12/2023).

Nusron menyatakan acara peringatan tegas tsunami Aceh akan dihadiri juga oleh para tokoh juga hulu balang Aceh dengan jumlah agregat partisipan sekitar 250 orang.

“Hulu balang serta tokoh Aceh bersatu Pak SBY. Sekaligus memperingati tsunami juga perdamaian Aceh pada Hotel Hermes,” kata Nusron.

SBY Ziarah ke Kuburan Massal

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) serta Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berziarah ke Makam Kuburan Massal Siron, Aceh, Mulai Pekan (25/12).

Ziarah itu dijalankan keduanya di rangka memperingati 19 tahun bencana tsunami di tempat Aceh.

“Memperingati 19 tahun bencana tsunami Aceh, saya sama-sama Pak SBY, ziarah ke kuburan makam Siron. Di sini, 46.718 korban gempa dan juga tsunami dikebumikan secara massal. Bencana alam yang dimaksud sampai pada waktu ini masih menyisakan duka bagi kita semua. Alhamdulillah, sekarang Aceh terus bangkit. Doa kami sama-sama seluruh warga Aceh,” kata AHY melalui keterangannya, Mulai Pekan (25/12/2023).

Sementara itu, SBY pada sambutannya mengingatkan, tanah Aceh pernah mengalami tragedi besar. Ia berharap para pemimpin bangsa dapat memberikan keadilan serta kesejahteraan lebih besar baik ke depannya.

“Tempat ini dulu saya dengan almarhumah istri tercinta kemudian Menteri Agama (almarhum) meninjau jenazah para syuhada (korban tsunami Aceh),” jelas SBY.

“”Setelah tsunami melanda Aceh, saya sama-sama almarhumah Ibu Ani banyak mengunjungi Aceh, akibat musibah tsunami merupakan sejarah yang digunakan tak kemungkinan besar dilupakan,” sambung SBY.

Melalui kunjungannya ke Aceh, SBY mengenang kembali masa dirinya menjadi Presiden RI kala tsunami menerjang Aceh pada 2004.

“Ketika tiba di dalam Aceh, saya mengawasi berbagai sekali jenazah yang tersebut terletak dalam mana-mana. Tempat ini mengingatkan saya untuk seluruh arwah berpulang di bencana yang mana dahsyat itu,” ujar SBY.

Selama menyampaikan pidato, SBY beberapa kali mengusap air mata yang tersebut jatuh lalu pernyataan yang digunakan terbata-terbata pada berada dalam sambutannya.

SBY mengungkapkan musibah tsunami adalah salah satu cobaan paling berat dihadapi rakyat Aceh pada pada waktu itu.

“Semoga ke depan Aceh semakin progresif lalu masyarakatnya semakin sejahtera,” kata SBY.

AHY lalu SBY tiba pada lokasi menggunakan pakaian muslim dan juga peci. Kondisi hujan tiada menghurangi semangat para warga yang digunakan bergabung ziarah.

Setelah doa bersama, AHY serta SBY melakukan tabur bunga secara bersama-sama. Tampak hadir pula antara lain, Sekjen DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya juga Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Aceh Muslim.

(Sumber: Suara.com)