Atlet Panjat Tebing Indonesia Rahmad Adi Rebut Tiket Olimpiade Paris Usai Menangi Asian Qualifier 2023

Atlet Panjat Tebing Indonesia Rahmad Adi Rebut Tiket Olimpiade Paris Usai Menangi Asian Qualifier 2023

InfoCakrawala.com – Atlet panjat tebing putra Indonesia Rahmad Adi Mulyono menjamin tiket menuju Olimpiade 2024 Paris setelah menaklukkan rekan satu negaranya, Kiromal Katibin, pada final IFSC Asian Qualifier 2023 di area Lot 11 Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (12/11/2023).

Rahmad Adi mencatatkan waktu tercepat pada babak final 5,35 detik sementara Katibin finis di tempat posisi kedua meskipun dinyatakan jatuh (fall) dalam perebutan satu tiket menuju pesta olahraga terbesar dalam dunia tersebut.

“Saya lebih banyak fokus pada babak final ini, saya lebih besar tampil nothing to lose saja,” kata Rahmad Adi dalam wawancara singkat usai podium seperti dikutip dari Antara.

Perebutan gelar juara berlangsung sengit dengan Adi serta Katibin yang berakselerasi secara beriringan dan juga tipis. Sorak-sorai penonton turut menyertai perjuangan para atlet Indonesia yang mana bertarung dalam tengah malam yang digunakan cerah di dalam Jakarta.

Namun, di dalam detik ketiga, Katibin kehilangan cengkraman sehingga ia terjatuh, meskipun ia tetap menyelesaikan balapan panjat tebing “All Indonesian Final” hal itu lalu keluar sebagai peraih medali perak.

Sementara itu, posisi tiga besar IFSC Asian Qualifier 2023 dilengkapi oleh atlet panjat tebing jika Jepang Omasa Ryo dengan catatan waktu 5,15 detik setelah mengalahkan duta China Wu Peng yang mana finis di dalam waktu 6,23 detik pada perebutan medali perunggu.

Pencapaian Rahmad Adi pun mengikuti langkah atlet panjat tebing putri Indonesia sekaligus peraih medali emas Kejuaraan Dunia Panjat Tebing serta Asian Games 2022 Hangzhou Desak Made Rita Kusuma Dewi yang digunakan sebelumnya sudah menegaskan tiket menuju Olimpiade 2024 Paris.

Dengan ini, Indonesia memiliki dua perwakilan pada cabang olahraga panjat tebing nomor speed di tempat kategori putra lalu putri.

Panjat tebing pun menjadi salah satu cabang olahraga prioritas Indonesia pada pesta olahraga terbesar sedunia tahun depan, selain bulu tangkis dan juga angkat besi.

(Sumber: Suara.com)